Mohon tunggu...
Kisahuntukramadan

Ramadhan Versi Anak Rantau

12 Mei 2019   01:34 Diperbarui: 12 Mei 2019   02:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kaum ini biasanya sangat di kenal di Indonesia. Anak rantau menjadi pusat perhatian bagi tetangga di kampung halaman. Namun tidak dirasakan bagi sebagian anak rantau. Bulan Ramadhan menjadikan bulan kerinduan akan masakan emaknya. Dengan kurma ,sirup marjan, empek empek, nasi ikan panggang di tambah saus nan pedas akan membuat siapapun pada laparkan. Iyaa kaan, jujur aja. 

Pada ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal muda. Untung saja jatuhnya tidak ditanggal tua dikarenakan ditanggal tua akan membuat anak rantau lebih menderita lagi. Sudah rindu masakan enak, ditambah finansial yang sangat memprihatikan. Layak dikatakan dibawah UMR arti nya dikatakan mempunyai pendapatan yang tidak cukup. 

Dalam artikel ini saya sebagai penulis menjelaskan bagaimana menikmati bulan puasa tanpa sama sekali menghabiskan uang. Karena sebagai satu sama rata, kata pepatah di ibaratkan berat dipikul bareng bareng ringan di jinjing bareng bareng. Sepertinya bukan begitu , tapi tidaklah masalah dalam hal ini bisa di jadikan bahwa sesama perantauan harus saling membantu dan membahu bersama sama dalam membagi pengalaman sesama anak rantau. 

Pertama anak kost harus niat dengan sepenuhnya bahwa dia bersungguh sungguh ingin berhemat sepenuhnya. Bukan setengah setengah, dikarenakan hemat ini bukan lah kaleng kaleng seperti dikatakan mael ke "bukan kaleng kaleng". Anak kost akan malas keluaran karena tidak lah memungkinkan bahwa tingkat gravitasi kasur akan memuat penyakit yang biasa disebut malas.

Nah penyakit malas ini perlu dihindarkan dikarenakan akan membuat kerugian dalam hal finansial yang secara besar besaran. Perlu di tingkatkan gairah untuk keluar seperti memperbanyak ke masjid dalam ibadah,membuat kerjaan seperti jogging ditengah siang bolong dapat membuat haus waktu puasa bagi anak kost. Tapi anjuran tadi jangan dilakukan karena selama ibadah puasa perbanyak lah mencari pahala karena diskon besar besaran dari Allah SWT bagi hambanya yang mau berinvestasi hidupnya. 

Kedua anak kost harus lah dapat menjaga mata dari godaan godaan jualan yang menggugah dan menguras dompet sampai kering dan retak retak seperti tanah yang habis dilanda gempa 10.1 Scala Richter. Dan tentu nya menjaga mata dari gadis kompleks yang cantik nan jelita. Tapi tidak dipukiri wanita juga harus menjaga mata juga dalam hal ini di karenakan banyak sekali mas mas ganteng yang keluar untuk memancarkan aura nya yang terkesima. 

Ketiga anak kost haruslah dapat menjaga bisikan dari status wa teman teman. Dikarenakan kenapa akan membuat iri ketika teman anda. Meng upload atau meng blog video berbuka nya di restaurant berbintang lima dan juga dengan banyak porsi padahal itu yang mesen dan bayar bukan dia. Tapi bapaknya dikarenakan itu ialah berbuka bersama keluarga dalam hal ini harus lah menjaga bisikan syaitan yang kabur dari penjara.

Keempat anak kost haruslah dapat menjaga omongan omongan yang tak berguna seperti ngerap lagu rap God di ulang sampai beribu kali. Sampai jakun bagi laki laki menghilang ditelan bumi. Atau pun bagi perempuan akan nampak jakunnya sepeti lucinta Luna. Tapi itu semua hanya lah bercanda tetaplah slow dikarenakan semua itu bercanda. Ataupun omongan seperti aku pengen berbuka di restauran inilah itulah yang membuat mereka sendiri untuk berpikir dua kali.

Kelima anak kost haruslah dapat menjaga rayuan dari teman teman yang membuat hoaks sepenuhnya atau teman teman yang berjiwa pengusaha. Dikarenakan hal ini akan membuat anda rugi sendiri. Kenapa seperti itu, karena itu akan sangat bahkan lebih menguras dari kebanyakan yang anda pikirkan. Misalnya nih teman anda minta di bayar padahal dia sendiri mempunyai uang banyak di dompetnya sekali ketahuan dan dia beralasan uang nya kebesaran dari mana kebesaran apakah besarnya itu seperti menara burj kalifah yang membuat pedagang manapun yang menerima uang itu akan mati tertimpa dalam hal itu. 

Ke enam anak kost haruslah berlatih untuk ke masjid karena masjid di kota besar akan terdapat nasi kotak yang sangat di impikan anak kost itu sendiri. Berlatih lah jangan menyerah, jangan dengarkan kata orang seperti "ah miskin amat kamu berbukanya di masjid terus".

Kata kata itu jangan di masukan ke hati tapi ubah dengan " ah kok aku bodoh yaa berbuka ngga sama kamu," ubah ubah mindset mu dan buat lah dirimu berguna di bulan puasa ini dan jangan lupa perbanyak ibadah, dan berusaha untuk tidak bolong puasanya. Keep fighting on Ramadhan, gets berkah.