Mohon tunggu...
Dwi Annisa Pratiwi
Dwi Annisa Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030126

stay gorgeous!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pesona Guci dan Khasiat Tersembunyi

17 April 2021   07:15 Diperbarui: 17 April 2021   07:20 208 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Guci dan Khasiat Tersembunyi
dokumen pribadi

Wisata Guci Tegal terletak di jalan raya moga guci Tenggalar, Tuwel, Tegal Jawa tengah. Guci merupakan suatu nama tempat wisata yang terletak di provinsi Jawa tengah tempat ini terkenal karena memiliki pesona alam berupa pemandangan yang sangat asri dan juga alami serta juga Pemandian air panas yang dikabarkan dapat menyebabkan beragam penyakit. Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk berkunjung ke objek wisata ini sehingga saya dapat menyampaikan liputan yang didalamnya akan menyampaikan apa saja daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini. Sebelumnya saya akan mengulas tentang info harga tiket masuknya sampai jenis oleh oleh khas kota pejal yang bisa kalian bawa setelah liburan dari tempat ini. Mungkin agak terdengar Djenaka saat pertama kali mendengar nama tempat wisata ini yaitu, minal nama tersebut diberikan oleh masyarakat pada salah satu tempat wisata di Jawa tengah ini. 

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Penamaan ini tak lain Adalah karena wahana utama di tempat ini berupa pemandian air yang berbentuk Pancuran di mana Muncung Pancuran tersebut menjadi jalan keluar air panas terlihat sangat mirip dengan moncong guci atau teko, jika sebelumnya kalian belum pernah melihat di anggap saja seperti jarak tempat menampung air minum selanjutnya penamaan guci Tegal untuk tempat wisata ini juga ada kaitannya dengan sejarah masa kuno yang sangat dipercaya warga sekitar sebagai suatu cikal bakal dari keberadaan Pemandian air panas di tempat wisata ini. Daya tarik yang dimiliki obyek wisata Guci Tegal yang pertama adalah tempat wisata ini berada di dataran tinggi sedangkan jaraknya dari permukaan laut mencapai 1050 Meter sehingga Jikalau kalian berada di tempat ini hawa sejuk juga suasana khas pegunungan yang dingin pasti akan sangat dirasakan. 

Lokasi guci Tegal juga memang berada di kawasan pegunungan yang tercatat sebagai gunung tertinggi di Jawa tengah yaitu gunung Slamet Sekaligus juga puncak kedua tertinggi di pulau Jawa yaitu lokasinya yang berada tepat di kaki gunung Slamet Jawa tengah. Selamat yang memiliki tinggi sekitar 3428 MDPL termasuk jajaran gunung tinggi di indonesia. Perlu diketahui juga bahwasanya Pemandian air yang ada di tempat wisata Guci ini adalah Pemandian Pancuran tiga belas dan juga pemandian Pancuran tujuh. Jumlah Pancuran yang ada tersebut juga menjadi suatu daya tarik tersendiri dari obyek dan sebenarnya masih banyak lagi dengan berbagai Pancuran yang memiliki jumlah Pancuran sebagai namun biasanya pembelian yang cukup dipadati oleh para pengunjung adalah Pancuran 13 dan juga Pancuran tujuh. 

Dua Pemandian utama tersebut sangat banyak diburu oleh para wisatawan karena kepercayaan sebagian orang yang menyelimuti  kedua pemandian tersebut. Konon kedua tempat Pemandian ini dapat mengobati berbagai penyakit contohnya penyakit kulit dan juga rematik bahkan teman yang memiliki 13 Pancuran diyakini bisa memberi kesehatan bagi siapa saja yang dibawa pancurannya. 

Ini memang belum bisa diklarifikasi akan kebenarannya ilmu pengetahuan. sebelumnya sejarah tempat wisata Guci Tegal juga dikisahkan pada saat belum adanya ajaran Islam yang tersebar Tegal diutuslah seorang wali atau ulama yang bertugas untuk mendakwahkan atau menyebarkan Islam pada masyarakat Tegal, yang unik kemampuan dan kapan saja Sang wali akan menyampaikan dakwah dia selalu membawa benci berisi air yang selalu diberikan kepada masyarakat sekitarnya maka permintaan air dari masyarakat banyak hingga pada akhirnya secara langsung oleh sang wali. dalam kondisi seperti itu sayang wali kemudian menancapkan tongkat yang ia miliki ke dalam tanah kemudian dengan izin yang mahakuasa, Muncullah  mata air panas yang kemudian secara beramai ramai dikunjungi oleh masyarakat. 

Dialiri air panas masih diyakini oleh sebagian dengan khasiat dan kebaikan. Mata air inilah yang sekarang dialirkan dari panci yang berada di tempat wisata. 

Dari sekilas sejarah di atas terungkaplah bahwasanya nama yang menjadi nama tempat wisata ini diambil dari nama tempat penampungan air yang selalu dibawa sama wali. Jika kalian berkenan untuk mengunjungi wisata ini jarak dari pusat kota Tegal sekitar 43 km dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam dengan berkendara sementara mengenai rute kunci Tegal kalian dapat juga melewati rute utama dengan memulai perjalanan dari pusat kota Tegal ke arah Purwokerto. Sedangkan informasi mengenai harga tiket masuk Guci ini  termasuk cukup terjangkau. yaitu dipatok dengan 5000 rupiah saja untuk orang dewasa dan 4000 untuk anak anak. 

Semakin hari semakin banyak pula wisatawan yang terus mendatangi tempat wisata ini hal ini juga disertai dengan fasilitas dan juga wahana yang disediakan oleh pemerintah setempat dan juga pengelola Guci untuk memudahkan dan juga memuaskan para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain adalah Wisma singgah dengan fasilitas lengkap, kolam renang, area outbond dan juga lapangan tenis hingga lapangan sepak bola dan juga Kereta gantung dengan tarif 25000 Rupiah per orang.

Area Camping ground yang luas juga tersedia di objek wisata ini. Selain itu bagi para pengunjung yang akan berputar putar di kawasan wisata ini, disediakan persewaan kuda sebagai sarana untuk berputar mengelili area ini.  Tersedia juga resto ataupun tempat singgah sejenak untuk sekedar beristirahat dan menikmati makanan lezat. 

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung dan menginap di area wisata ini juga telah tersedia berbagai hotel Berbintang lima hingga hotel standar berkonsep di wisma maupun vila yang sudah lengkap beserta Fasilitas di dalamnya. Villa dan juga penginapan di guci terbilang memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah suguhan pemandangan yang memanjakan mata dengan segala keindahan alam hijau dari lereng Gunung Slamet serta kesejukan udara alami hingga banyak sekali jajaran pohon pinus yang rindang luas man cantik dan tak heran semakin banyak warga yang memilih untuk berlibur di kawasan area wisata Guci kota Tegal Jawa Tengah. Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata kali ini ?

dokumen pribadi
dokumen pribadi

VIDEO PILIHAN