Sebagian besar diantara bisnis masa kini mengandalkan internet sebagai sarana pemasaran, termasuk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah keberadaan dari social media.Â
Seperti yang diketahui bahwa media social ini punya peran yang sangat penting tak hanya untuk menunjang komunikasi dan hiburan saja, melainkan juga dipakai sebagai sarana untuk bisnis.Â
Social media marketing misalnya yang belakangan sedang begitu populer. Namun tetap harus dilakukan pemantauan diantaranya adalah dengan social listening.
Social listening sendiri pada dasarnya merupakan sebuah tindakan yang dilakukan untuk memperhatikan apa yang orang lain katakan tentang bisnis atau produk yang Anda miliki tersebut.Â
Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi jika ingin melakukan inovasi atau upgrade, pembentukan citra juga dapat dilakukan dari sini, sehingga memang perannya begitu penting.Â
Ada beberapa alasan mengapa keberadaan dari social listening ini penting untuk bisnis yang Anda jalankan, diantaranya adalah:
1. Nantinya Anda dapat mengetahui mengenai perasaan pelanggan, bukan hanya sekedar asumsi. Jika seandainya Anda mendapatkan data atau informasi yang valid terhadap apa yang dikatakan orang mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Tentu nantinya akan semakin membantu untuk memahami perasaan mereka bukan.Â
Hal ini didasarkan pada sebuah fakta, jadi bukan sekedar asumsi saja. Karena berasumsi sebenarnya hanya membuang-buang waktu saja, tanpa adanya fakta nyata. Hal tersebut juga sering kali bisa membuat Anda salah di dalam pengambilan keputusan atau tindakan.
2. Sebagai pembuktian pertumbuhan merk, adanya social listening ini ternyata juga berdampak bagi perusahaan untuk lebih mudah mengetahui terkait dengan naik turunnya atau pertumbuhan merk dari bisnis yang dijalankan tersebut, bagaimana sentimen orang lain terhadap bisnis Anda, apakah positif atau sebaliknya, ada metrik yang dijadikan sebagai alat ukur penilaiannya.Â
Jika memang sentimennya positif maka dapat dijadikan sebagai acuan untuk peluncuran produk baru atau meningkatkan produksinya, begitu juga sebaliknya.