Mohon tunggu...
Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Mohon Tunggu... Administrasi - Kompasianer Jawa Timur

Alumni Danone Digital Academy 2021. Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Proses Daur Ulang Panjang, Mau Nyampah Plastik Pikir-Pikir Ulang

24 Juli 2022   21:26 Diperbarui: 25 Juli 2022   20:45 105 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Di Veolia Service Indonesia, Dok Mbak Avy

Plastik, sudah menggeser bahan lain untuk menjadi kemasan. Dedaunan yang dulu dipakai untuk membungkus ikan atau daging, kini lebih mahal dari harga 1 pack kantong plastik

Besek bambu untuk tempat kenduri, makin susah ditemui dan lebih mudah pakai baskom plastik, AMDK alias botol minuman plastik? Jangan ditanya lagi, tengoklah tong dan tempat-tempat pembuangan sampah, botol-botol plastik ini pasti ditemukan dalam jumlah besar, bahkan kadang teronggok dibuang begitu saja di jalanan. 

Termotivasi untuk mengolah sampah plastik, Danone Aqua berkomitmen menyelenggarakan proses industri yang berlandaskan asas ekonomi sirkuler. Beberapa dekade sebelumnya dunia industri hanya mengenal ekonomi linier, yaitu produksi, gunakan, buang. 

Berangkat dari kesadaran semakin meningkatnya volume sampah terutama sampah anorganik maka perusahaan-perusahaan besar mulai mengupayakan 3R dalam proses produksi: Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan berulang kali) dan Recycle (mendaur ulang) Sesuai komitmennya terhadap pelaksanaan ekonomi sirkuler, Danone AQUA telah menyelenggarakan beberapa proses berikut ini: 

Reduce: mengurangi penggunaan virgin plastik. Salah satu contohnya tutup kemasan botol tak lagi dibungkus lapisan plastik namun menggunakan tutup botol bersegel dan cincin rapat. 

Reuse: memelopori penggunaan air minum dalam galon untuk rumah tangga dan botol/gelas kaca yang bisa diisi berulang kali setelah melalui proses sterilisasi yang biasa ditemui di hotel, restoran kafe.

Recycle: menggunakan botol hasil daur ulang sampah plastic PET untuk produk yang dikenal sebagai Aqua Lite. 20 Juli 2022, saya dan beberapa teman Kompasianer mendapat kesempatan langka menyaksikan secara langsung proses daur ulang botol plastik hingga menjadi plastik lagi. 

Bertujuan memperkenalkan proses daur ulang plastik tersebut, Danone menyelenggarakan #DanoneCircularityTour2022. Dalam touring ini jurnalis dan blogger diajak menyaksikan jalannya proses daur ulang dengan berkunjung ke tempat pengumpulan sampah tingkat kecil, Tempat Pembuangan Sampah TPS3R ABI Martopuro Purwosari, pabrik daur ulang sampah plastik (Veolia) dan pabrik Danone Aqua di Pandaan.  

Keseriusan Danone Aqua menepati komitmen untuk mendaur ulang plastik dan menggunakan hasilnya sebagai kemasan produk ditandai dengan menggandeng beberapa rekanan menginisiasi program #InclusiveRecyclingIndonesia (IRI). IRI merupakan program pengelolaan sampah yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan kapasitas daur ulang sampah plastik di Indonesia. 

Program IRI terselenggara atas kerja sama Danone Ecosystem, Danone-AQUA, Veolia Services Indonesia, dan Yayasan Pembangungan Citra Insan Indonesia (YPCII) merupakan bagian dari gerakan #BijakBerplastik sebagai bentuk komitmen #DanoneIndonesia mendukung Gerakan Indonesia Bersih dan sebagai platform pengembangan Ekonomi Sirkular di Indonesia.

Serunya #DanoneCircularityTour2022 bisa diintip di:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan