Mohon tunggu...
Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Mohon Tunggu... Kompasianer Jawa Timur

Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ahad Ceria, Mendidik Anak dengan Bahagia

18 Februari 2020   12:06 Diperbarui: 18 Februari 2020   12:01 37 0 0 Mohon Tunggu...

Masjid Al Ukhuwwah Perumahan Permata Sukodono Sidoarjo adalah salah satu masjid yang ramah anak. Di saat jamaah sholat fardhu terutama Maghrib puluhan anak turut meramaikan masjid. Meski sebagian masih suka bermain-main daripada sholat dengan khusyu', namun kehadiran mereka di masjid diharapkan dapat membantu menanamkan karakter Islam rahmatan lil alamin sejak usia dini.

Demi membangun generasi muda Islam yang lebih berakhlak karimah, Muslimah Masjid Al Ukhuwwah memprakarsai acara Ahad Ceria yang diselenggarakan secara berkala. Acara Ahad Ceria ini diisi fun game dan kajian ringan berupa dongeng atau kisah Islami dengan mendatangkan pengisi acara khusus.

Fun game diadakan sebelum acara inti dengan tujuan melatih konsentrasi dan motorik anak-anak serta menambah wawasan keIslaman anak-anak melalui adu cepat menjawab pertanyaan dari pengasuh acara. Door prize dibagikan kepada para pemenang lomba saat fun game.

dokpri
dokpri
Pada kesempatan perdana yaitu November 2019, bintang tamu Ahad Ceria Anak-Anak Al Ukhuwwah adalah Kak Bagus Subuhadi dengan tema "Bersinarlah Sholatku Bersinarlah Akhlaqku"

dokpri
dokpri
Acara inti dibuka dengan tilawah Al Qurn yang dibawakan oleh anak-anak jamaah masjid.

dokpri
dokpri
Kemudian dilanjutkan dongeng dan sesi quiz alias tanya jawab berhadiah. 

Pada kesempatan Ahad Ceria berikutnya, Februari 2020, bintang tamu pada acara inti Ahad Ceria adalah Kak Hadian Mariyadi. Kak Hadian adalah salah satu pendongeng Jawa Timur yang namanya telah dikenal secara nasional. Beliau berkecimpung di dunia anak-anak sejak usia SMA.

Ketertarikannya pada dunia anak diawali dengan pertemuannya dengan aktivis Ikatan Muda Muhammadiyah di daerah tempat tinggalnya. Anak-anak muda ini mengajar mengaji dan menanamkan pendidikan akidah melalui meode BCM (Baca, Cerita, Mengaji). Hadian muda kemudian mulai belajar mengajar anak-anak SMP ketika ia duduk di bangku SMA.

dokpri
dokpri
Kak Hadian mampu menyelipkan humor dalam kisah kelahiran Nabi Muhammad dan memikat perhatian anak-anak sehingga suasana bisa kondusif hingga akhir acara. Pendongeng kenamaan ini mampu menirukan berbagai suara hewan mulai suara gajah dari pasukan gajah hingga deru kaki kuda pasukan berkuda. Keceriaan anak-anak yang asyik mendengarkan dongeng terpancar di wajah mereka.

dokpri
dokpri
 Tak lupa Kak Hadian mampu membuat suasana lebih hidup dengan kehadiran Moli, boneka monyet yang lucu sehingga ruang penuh gelak tawa.

dokpri
dokpri
Bagi-bagi hadiah tidak hanya saat fun game sebelum acara inti dimulai, tetapi Kak Hadian juga memberikan tebakan berhadiah dan memberikan bingkisan bagi penjawab pertanyaan yang dapat memberikan jawaban benar sesuai tema kisah islami yang dibawakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x