Dalam sebuah acara besar seperti konser, seminar, atau pameran yang sukses, pasti ada sosok penting yang jarang terlihat di depan panggung, tetapi perannya begitu vital. Sosok penting yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah Venue Management Specialist.
Sosok inilah yang berperan untuk memastikan seluruh aspek teknis, logistik, hingga kenyamanan venue berjalan lancar, aman, dan nyaman. Saking pentingnya peran seorang Venue Management Specialist, data industri event global mencatat sekitar 65% kegagalan penyelenggaraan venue disebabkan kurang profesionalnya seorang Venue Management Specialist.
Baca Juga:Â 5 Skill Wajib yang Harus Dimiliki Seorang Sekretaris Profesional
Ya, peran dari venue management lebih dari sekadar pelengkap. Ia adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan event. Di dalam artikel ini, kita akan coba memahami lebih dalam tentang apa itu Venue Management Specialist, tugas utama, keterampilan yang wajib dimiliki dan besaran gaji yang umumnya didapatkan mereka. Artikel ini terinspirasi dari penjelasan Duta Training.
Penasaran apa saja? Simak baik-baik artikel ini ya!
Apa itu Venue Management Specialist?
Sesuai dengan namanya, Venue Management Specialist adalah profesional yang bertanggung jawab penuh atas pengelolaan venue atau lokasi tertentu tempat berlangsungnya sebuah acara. Perlu diketahui bahwa Venue management Specialist ini berbeda dengan event organizer.
Bila event organizer atau EO memiliki fokus kerja pada keseluruhan acara, Venue Management Specialist lebih menitikberatkan fokus kerjanya pada manajemen lokasi. Merekalah yang memastikan venue dalam kondisi siap pakai, aman, nyaman, serta mendukung keberhasilan acara.
Tugas mereka mencakup perencanaan, penataan ruang, pengawasan fasilitas, dan memastikan segala kebutuhan penyewa atau klien terpenuhi dengan baik. Secara tidak langsung kita dapat mengatakan bahwa Venue Management Specialist adalah otak di balik kesiapan sebuah tempat acara.
Tugas Utama Seorang Venue Management Specialist
Penjelasan di atas sebenarnya sudah memberikan gambaran baik implisit maupun eksplisit mengenai tugas dari Venue Management Specialist . Tetapi, agar lebih mudah dipahami berikut ini adalah beberapa tugas utama yang umumnya menjadi tanggung jawab Venue Management Specialist di mana pun berada. Kita mulai dari menjelaskan tugas yang pertama yakni:
1. Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur
Tugas Venue Management Specialist yang pertama adalah harus mampu memastikan fasilitas dan infrastruktur acara berjalan optimal, jauh dari berbagai kendala teknis. Contoh kecilnya adalah Venue Management Specialist yang wajib memastikan ruangan mendukung sistem audio-visual yang pas untuk kenyamanan pengunjung acara.