Literasi dan Numerasi Matematika dalam Seni Batik Melalui  Geogebra
Nama: Durrotul Muna
NIMÂ Â : 34202100026
Dosen Pengampu : Nila Ubaidah, M. Pd
Matematika adalah salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dan berhubungan
erat dengan kehidupan. Matematika memiliki peran sebagai alat bantu dalam
memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu matematika berhubungan
erat dengan kehidupan kita. Selain itu matematika sangat berperan penting dalam
perkembangan dunia modern. Munculnya berbagai teknologi yang canggih merupakan
produk yang dihasilkan dari pengembangan ilmu matematika. Dengan berbagai teknologi
canggih tersebut memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia.
Sayangnya di sisi lain, justru matematika dianggap sebagai momok yang menakutkan
bagi sebagian besar siswa siswa di Indonesia. Bahkan saking banyaknya rumus rumus
dalam matematika yang membuat pusing para pelajar tersebut menyebabkan munculnya
persepsi bahwa matematika yang banyak rumus itu ilmu pasti yang hanya digunakan di
sekolah tidak akan di gunakan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Banyak keluhan
keluhan yang dirasakan oleh para pelajar di sekolah mengenai pembelajaran matematika.
Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh pembelajaran matematika yang
disampaikan guru kurang baik dan mengena. Oleh karena itu, banyak para siswa yang
tidak dapat menerima dan tidak menyerap ilmu matematika tersebut dengan baik,
sehingga beranggapan matematika itu sulit sebagaimana diatas tadi. Kompetensi guru
yang kurang mumpuni dapat menyebabkan hal tersebut oleh karena itu perlu adanya
pembenahan dan pengarahan bagi para guru yang lebih baik, terutama dalam memberikan
pengarahan dan persiapan strategi pembelajaran matematika yang lebih efisien, bermakna
dan menyenangkan.
Terkait masalah tersedut, pemerintah khususnya menteri pendidikan dan kebudayaan RIÂ telah mengeluarkan kebijakan baru , dimana kebijakan tersebut merupakan suatu upaya
pemerintah Indonesia dalam memperbaiki dan memajukan tingkat pendidikan di
Indonesia, serta upaya melahirkan kader kader generasi penerus bangsa yang maju, dalam
hal ini membentuk para guru guru yang kompeten dan professional dalam mendidik.
Kebijakan baru tersebut adalah merdeka belajar. Merdeka belajar merupakan
kebijakan baru dari kemendikbud untuk mentransformasikan pendidikan demi
terwujudnya sumber daya manusia unggul indonesia yang memiliki jiwa pelajar
pancasila. Menurut Pak Nadhim Anwar Makarim, menteri pendidikan dan kebudayaan
Indonesia menyebutkan esensi kemerdekaan berpikir harus didahului oleh para guru
sebelum mereka mengajarkanya kepada para siswa. Tanpa adanya proses penerjemahan
dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada bagi para guru, maka tidak akan pernah
ada pembelajaran yang terjadi.
Transformasi pendidikan akan merubah sistem pengajaran yang awalnya bernuansa
di dalam kelas menjadi di luar kelas. Sehingga akan tercipta nuansa pembelajaran yang
lebih nyaman, karena para siswa dapat belajar dengan outing class, tidak hanya diam
mendengarkan penjelasan guru saja, tetapi juga dapat lebih membentuk karakter peserta
didik yang kompeten dan berbudi luhur di lingkungan.
Salah satu prinsip yang ditekankan oleh pak nadhim dalam merdeka belajar adalah
gebrakan literasi numerasi. Hal ini dilakukan karena berdasarkan penelitian pisa tahun 2019 menunjukkan hasil penelitian pada siswa indonesia masih menduduki peringkat
rendah dalam bidang matematika dan literasi.
Apa itu literasi dan numerasi?
Literasi secara umum diartikan sebagai kemampuan dan keterampilan individu dalam
membaca,menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat
keahlian tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan menurut pisa (program for
international student assessment) mendefinisikan literasi matematika sebagai berikut
Literasi matematika adalah suatu kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan
dan menafsirkan matematika dalam bebagai konteks , termasuk menalar secara
sistematisdan menggunakan konsep, prosedur faktadan alat matematika untuk
menjelaskan dan meramalkan peristiwa-peristiwa.dari uraian diatas dapat disimpulkan
bahwa literasi adalah kemampuan menganalisis suatu isi bacaan serta memahami konsep
yang ada dibaliknya.
Sedangkan numerasi adalah kemampuan untuk mengaplikasikan konsep dan ketrampilan
matematika untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari,
misalnya di rumah, pekerjaan di kantor dan berpartisipasi dalam kehidupan
bermasyarakat dan sebagai warga negara. Jadi numerasi merupakan kunci bagi peserta
didik unntuk memahami dunia dan membekali mereka dengan pemahaman tentang peran
penting matematika dalam dunia modern. Penekanan dalam mengaplikasikan matematika
yang berhubungan dengan kehidupan, memberikan peluang bagi peserta didik untuk
mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri mereka untuk berpikir kritis dan
numerik dalam menafsirkan dan menganalisis situasi sehari-hari dan untuk memecahkan
masalah.
Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya, suku, adat istiadat dan lainnya yang
berdeda-beda tiap daerahnya. Keanekaragaman tersebut merupakan suatu hal unik yang
menjadi daya tarik dari indonesia. Sudah semestinya kita harus bangga dengan
keistimewaan tersebut. Justru dengan perbedaan tersebut, membuat kita harus saling
mengenal, menghargai perbedaan serta gotong royong melestarikan warisan budaya
tersebut agar tetap lestari. Oleh karena itu, bagi seorang guru perlu memperhatikan hal
penting tersebut, sehingga dapat menyiapkan suatu strategi pembelajaran yang
mengandung pengajaran tidak hanya materi saja tapi juga pengajaran untuk menanamkan
nilai-nilai luhur. Guru dapat mengkombinasikan pengajaran tersebut dengan menerapkan
gerakan literasi dan numerasi. Dengan literasi numerasi, akan mendorong psesrtadidik
untuk bernalar dan berpikir kritis. Dengan demikian dapat terciptalah suatu pembelajaran
yang lebih bermakna.
Salah satu dari sekian banyak budaya di indonesia adalah seni batik. Batik merupakan
seni yang mengandung unsur matematika. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu
bentuk aplikasi literasi dan numerasi dipadukan dengan budaya di indonesia. Batik adalah
hasil karya bangsa indonesia yang memadukan antara seni dan teknologi oleh leluhur
bangsa indonesia. Batik indonesia terus berkembang hingga memiliki banyak sekali motif
atau desain yang beragam serta proses pembuatannya yang berbeda-beda. Setiap corak
atau motif ragam batik mengandung penuh makna dan filosofi yang berbeda-beda. Motif
batik adalah pola yang menjadi kerangka gambar pada batik yang berupa perpaduaantara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secaraÂ
keseluruhan. Motif-motif batik diantaranya adalah motif binatang, manusia, geometri,Â
tumbuhan dan benda-benda langit dan masih banyak lagi motif lainnya. Motif batikÂ
menjadi ciri khas dari batik itu sendiri. Selain itu, motifbatik juga sering dipakai untukÂ
menunjukkan status seseorang. Berikut beberapa motif batik :
Motif batik identik dengan konsep matematika khususnya geometri. Seperti motif batikÂ
diatas, yaitu motif batik kawung dari jawa tengah. Motif batik kawung ini secaraÂ
sederhana mengandung unsur geometri berupa bentuk elips atau lingkaran. SedangkanÂ
batik tambal dari yogyakarta memiliki pola geometri berupa segiempat dan segitiga.Â
Namun secara detailnya, kebanyakan motif batik berupa geometri fractal.Â
Geomerti fractal adalah geometri yang mempunyai bentuk acak atau irregular tapi tidakÂ
semuanya tidak bisa diukur. Konsep dari dimensi fractal adalah memainkan aturanÂ
tertentu dalam penggunaanya. Biasanya motif batik ada yang berupa kurfa atauÂ
permukaan yang mempunyai struktur yang sulit, namun ada yang secara sederhanaÂ
motifnya berupa bentuk garis atau bidang.Â
Geomtri fractal merupakan salah satu bagian dari bidang ilmu matematika. GeometriÂ
fractal memiliki keunikan tersendiri, karena geomatri fractal mempunyai bentuk detailÂ
yang tak terhingga. Geometri fractal dapat mengubah berbagai macam situasi yang tidakÂ
mudah dijelaskan menggunakan geometri klasik dan hampir semua bidang seperti sains,Â
ternologi dan seni karya computer telah menggunakanya. Salah satu aplikasi lunakÂ
computer yang digunakan adalah geogebra.
Geogebra adalah software matematika untuk memvisualisasikan objek matematika yangÂ
menggabungkan antara geometri, aljabar dan kalkulus. aplikasi ini dapat digunakanÂ
sebagai media pembelajaran bagi para pelajar di sekolah. Geogebra menyediakan banyakÂ
fitur yang dapat digunakan tidak hanya untuk geometri bidang dan ruang saja, namun adaÂ
fitur untuk membuat grafik dan lainnya. Geogebra dapat menjadi alat bantu bagi paraÂ
pelajar dalam menyelesaikan berbagai soal matematika.
Pada bagian geometri bidang di aplikasi geogebra ini, mempunyai berbagai fitur yangÂ
dapat digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk geometri, begitu pula dapatÂ
digunakan untuk membuat geometri fractal. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan danÂ
dimanfaatkan dalam membuat motif-motif batik. Para pelajar dapat menggunakan  berbagai fitur yang ada didalam geogebra untuk berkreasi membuat batik. Dengan
demikian para siswa pun dapat lebih tertarik dan dapat mengeksplor pengetahuan mereka
melalui geogebra.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI