Mohon tunggu...
Dunia Saham
Dunia Saham Mohon Tunggu... www.duniasaham.com

Website edukasi dan analisa saham Berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia investasi saham Mempunyai latar belakangan pendidikan Manajemen Keuangan dan Perencanaan Keuangan, sehingga percaya bahwa strategi investasi bergantung pada kondisi masing-masing investor untuk dapat mencapai tujuan keuangannya

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Penghasilan Tambahan dari Investasi Saham

20 Juli 2019   13:15 Diperbarui: 20 Juli 2019   13:33 0 0 0 Mohon Tunggu...

Halo pembaca Kompasiana, Dunia Saham -seperti namanya- fokus membahas mengenai investasi saham dan juga keuangan secara umum. Selain situs dan stockbit, DS juga merambah di Kompasiana supaya bisa lebih menjangkau banyak pembaca. Saya berharap agar pembaca bisa meraih penghasilan tambahan dari saham. Jadi membaca artikel saham bukan cuma sekadar menambah pengetahuan, tapi juga benar-benar bisa mendatangkan penghasilan. Bagaimana cara meraih penghasilan dari saham? Berapa kira-kira keuntungan dari saham?

Nah sebelum belajar atau membahas saham lebih dalam, saya sampaikan dulu kalau cara yang digunakan lebih ke investasi dan bukan trading. Kedua, saya tidak menganjurkan pembaca untuk berharap terlalu tinggi. Meraih untung 100% setahun dari saham memang mungkin, tapi sedikit sekali dan tidak mudah untuk meraih untung sebesar itu secara konsisten. Semakin besar target kita, maka biasanya transaksi atau stock pick yang diambil makin berisiko.

Jadi daripada ngotot mengejar untung yang fantastis tapi juga berisiko besar untuk rugi, saya menyarankan supaya fokus untuk untung secara normal tapi harus konsisten. Berapa untung yang normal? Karena benchmark atau acuan dari pasar saham adalah IHSG, maka target kita ya harus untung di atas kenaikan IHSG. Kalau kita sudah repot-repot analisa tapi returnnya di bawah IHSG, maka lebih baik kita berinvestasi di reksadana indeks saja, yang kinerja nya hampir sama dengan IHSG. 

Meraih penghasilan dari saham bisa dari dua sumber: capital gain dan dividen

Capital gain adalah untung dari kenaikan harga saham. Jadi misal kita beli saham UNTR seharga 27.000 dan dijual di 28.000. Sementara untuk dividen, kita tidak menjual sahamnya tapi dapat untung dari pembagian dividen. Bisa juga kita dapat untung dari keduanya, yaitu dividen selama kita hold saham tersebut dan capital gain waktu kita menjual saham. 

Lalu bagaimana cara memilih saham yang bisa naik? Nah pembahasannya bakal panjang dan banyak, jadi akan kita bahas bertahap. Untuk pembaca yang sudah berpengalaman investasi, mungkin artikel ini cukup membosankan. Untuk pembaca yang baru mau invest atau pemula, semoga bisa membantu memberi gambaran untuk meraih penghasilan tambahan dari investasi saham.

Kalau ada topik atau pertanyaan yang ingin dibahas, bisa komen di kolom komentar ya... terima kasih :)

Salam,