Mohon tunggu...
Duaribu Kemal Manggala Sutanto
Duaribu Kemal Manggala Sutanto Mohon Tunggu... Musisi - #santuymancay

#santuymancay

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Perantau Harus Kuat!

5 April 2020   18:25 Diperbarui: 5 April 2020   18:26 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Jadi di artikel gue kali ini gue mau nulis buat para perantau yang "terisolasi" di rumah, dikosan, diapartemen, atau di kontrakan mereka yang jauh dari orang tua. pembahasan kali ini  tentang, gimana sih caranya ngatasin kangen lu sama orang tua di rumah. jadi gue punya nih gais beberapa cara yang ampuh menurut gue dan pernah gue alamin sewaktu dulu gue SMA. karna gua dari SMA udh jauh sama orang tua gue dan sampe sekarang gua masih harus jadi perantau biar dapetin kesuksesan yang gue mau. amiiiinnnnnnn. bismillah aja sih gue hehehe.

Ok gais, jadi gini gais. yang pertama. kalo lu seneng masak nih, lu bisa nyontoh masak masakan nyokap lu dirumah. yang gampang-gampang aja. kaya semur, cah kangkung, tempe orek, daging cincang, tumis sawi putih ato apalah yang biasa nyokap lu buat. itu biasanya rasa kangen lu berkurang kalo lu buat dan lu makan itu. apa lagi kalo rasanya sama 11 12 yang nyokap lu buat. wah itu debes banget buat ngatesin rasa kangen lu sama orang rumah.

Yang kedua nih gais. lu harus sering telfon ato chattan sama nyokap bokap lu. menurut gua cara ini adalah cara paling ampuh dan lu ngerasa deket sama orang di rumah. naaaahh sekarang jugakan ada nih paket nelfon murah dan banyak banget menit yang dikasih sama operatornya dan sekarang ada juga yang namanya WA ato LINE. gimana ga lebih gampang coba buat  telfon mereka yang "kangen" sama lu juga. hahahahaha

Yang ketiga nih brosis. menurut gue ini cara yang paling paling paling paling paling mendekatkan yang jauh. yaitu Video Call!  cara ini menurut gue paling ok, paling pas, paling mancay lah pokonya. lu disini dapet visual dapet suaranya dapet emak dapet babeh lah pokonya. 

Sekarang jaman udah berkembang yak, makanya lu harus pake teknologi yang udah diciptakan oleh manusia-manusia pinter yang buat itu. apa fungsinya kalo ga lu manfaatin dengan bijak dengan benar. jangan cuma chat pacar, gebetan, mantan, ato temen-temen lu doang. nyokap bokap lu juga kangen kali sama lu. makanya ya geng dikabarin terus ya nyokap bokap dirumah

Yang keempat nih gais. gua ga mau bahas ini terlalu panjang karna gua juga ga terlalu jago, gua cuma ngasih tau yang setau gua aja okay! yaitu doa. setau gua doa itu wajib ya geng sehabis solat. karna Allah melihat kita sombong kalo kita abis solat nyelonong begitu aje. doa dulu. terutama doain kesehatan oran tua lu dirumah keluarga lu sama orang yg lusayangin, jangan lupa doain diri sendiri juga. semoga wabah ini cepet ilang dari muka bumi ini ato engga vaksin nya cepet ketemu sama orang-orang jenius disana. ammmiiiiiinnnn

Sama satu lagi nih gais saran dari gue cara paling ampuh. jadi kalo lu mau nangis nih lu mau mewek. gua punya caranya bair lu abis itu seger lagi dan kasarnya lu mulai dari 0 lagi. kubisa punya semangat baru lagi. cari semangat baru dari cara gue ini hahahahahaha. jadi igni gais kalo lu mau mewek pertama lu siapin musik yang menurut lu paling sedih yang bisa buat lu mewek. terus udh gitu lu siapin foto bokap nyokap lu.

Terus kalo lu ada surat dari bokap ato nyokap bacalah surat itu. ato lu tulis surat ato tulis dibuku harian lu tentang apa yang lu rasain. jadi caranya lu dengerin musik yg sedih itu berkali kali ato musik yang lain yang bisa buat lu nangis. udh gitu lu sambil baca surat dari bonyok lu ato lu tulis di buku diari ato surat baut bonyok lu dan sambil liat foto bokap nyokap lu. lu tangisin lah disitu sampe lu bener2 mewek dan bener2 lega hati lu udh ga mau mewek lagi. dan abis itu lu ga boleh galau lagi dan lu harus cari semangat baru dari situ dan mulai aktivitas lu lagi.

Oke geng mungkin itu cara2 yang ampuh dari gua dan semoga bisa bermanfaat buat lu pada yang merasakan homesick. salam dari kami. salam anak rantau<3

Lagu Rantau -Silampukau

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun