Mohon tunggu...
DRANIA AALIYAH
DRANIA AALIYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Biologi Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa KKN-T UPI Kelompok 19 Melakukan Sosialisasi Pembuatan Teh Kombucha, Minuman Fermentasi

10 Agustus 2022   10:45 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:08 147 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan sebuah aksi global pembangunan berkelanjutan dalam segala aspek kehidupan yang memiliki 17 tujuan dengan target sebanyak 169 yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030. 

Salah satu implementasi dari SDGs Global yaitu SDGs desa yang merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Universitas Pendidikan Indonesia mulai mengimplementasikan program SDGs Desa melalui kegiatan KKN Tematik tahun 2022. Terdapat 19 program yang merujuk pada tujuan SDGs desa pada kegiatan KKN Tematik UPI tahun 2022 untuk kemudian dilakukan oleh mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kelompok. 

Salah satu dari ke-19 program tersebut menjadi tema program kelompok 19 KKN UPI 2022 yaitu "Desa Infrastruktur dan Inovasi Sesuai Kebutuhan". Kelompok 19 KKN UPI 2022 beranggotakan 30 orang yang kemudian dibagi kembali ke dalam tiga kelompok kecil yang masing-masing beranggotakan 10 orang. Kelompok 19 KKN UPI 2022 menjalankan program kerja di kelurahan Isola tepatnya di RW 04 Negla Kota Bandung. 

Inovasi pembuatan teh kombucha menjadi salah satu program kerja dari kelompok 19. Mengkonsumsi teh menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia, termasuk warga RW 04. 

Teh kombucha merupakan salah satu alternatif mengkonsumsi teh dengan cara baru, minuman ini merupakan hasil fermentasi dari teh dan jamur kombucha/SCOBY (symbiotic culture of bacteria and yeast). 

Masih minimnya pengetahuan warga RW 04 Negla terhadap teh kombucha menjadikan kami anggota kelompok 19 ingin berbagi pengetahuan mengenai teh kombucha yang kaya akan manfaat. 

Kami berharap melalui program kerja ini warga RW 04 dapat melakukan inovasi pembuatan teh yang memiliki harga jual tinggi dan juga baik untuk kesehatan.

Sabtu (30/7) kelompok 19 mengadakan sosialisasi mengenai inovasi pembuatan teh kombucha kepada warga RW 04 yang diselenggarakan di kantor RW 04 Negla, Kelurahan Isola, Kota Bandung. 

Acara tersebut dihadiri oleh ketua RW dan perwakilan warga setiap RT yang berada di RW 04. Acara tersebut diawali dengan membaca doa bersama, sambutan-sambutan dari ketua RW, ketua kelompok 19, dan ketua pelaksana program kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan