Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Efek Kejutan West Ham untuk Liverpool dan Konsistensi Arsenal di Liga Inggris

8 November 2021   06:27 Diperbarui: 8 November 2021   06:32 244 25 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
West Ham kalahkan Liverpool 3-2 dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-11 (7/11/21). Foto: AFP/Getty Images/Alex Pantling

Peta persaingan di 5 besar klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-11 sudah sedikit berubah. Memang tak terlalu berubah total. Pasalnya, Chelsea, Manchester City, dan Liverpool masih tetap menjaga tempat di 5 besar.

Yang menjadi pembeda adalah kehadiran West Ham di peringkat ke-3 dan Arsenal yang sudah tembus 5 besar. West Ham membuat kejutan dengan mengalahkan Liverpool 3-2, sementara Arsenal berhasil menang tipis 1-0 atas Watford.  

West Ham memberikan kejutan yang sangat menyakitkan untuk Liverpool. Kejutan ini menyebabkan Liverpool kehilangan poin penuh di 2 laga terakhir di Liga Inggris. Sebelumnya pada pekan ke-10, Liverpool ditahan imbang oleh Brighton.

Alih-alih hendak menjaga status tak terkalahkan dan terus menempel Chelsea di puncak klasemen, Liverpool malah tunduk pada pasukan David Moyes.

Sihir Moh Salah untuk sementara lenyap. Secara umum, Liverpool masih mendominasi laga saat bertandang ke West Ham, namun nasib sial tak bisa terhindarkan. Kesialan ini bermula dari gol bunuh diri Alisson di menit-menit awal laga.

Lini belakang Liverpool juga tampil di bawah standar. Organisasi permainan West Ham bisa meredam trio Mane, Jota, dan Salah. Sementara itu, serangan balik para pasukan West Ham cukup merumitkan Van Dijk dan rekan-rekannya di lini belakang.

Secara umum, Klopp menurunkan skuad terbaik dalam laga ini. Nampaknya, Klopp tahu baik akan ancaman dari anak-anak asuh David Moyes. Akan tetapi, sepak bola kadang-kadang ditentukan faktor efektivitas dan keberuntungan.

Liverpool mencatatkan 16 tembakan ke gawang dengan 5 tepat sasar. Namun, hanya 2 gol yang bersarang ke gawang West Ham. Berbeda dengan West Ham yang cenderung bermain bertahan dan menanti kesempatan untuk melakukan serangan balik. West Ham hanya menciptakan 7 tembakan ke gawang dan 3 tepat sasar.

Ini artinya kemenangan sebuah pertandingan tak ditentukan oleh penguasaan bola, tetapi efektivitas sebuah tim dalam mengkalkulasi setiap peluang yang ada. Satu serangan balik dan berhasil mencetak gol lebih berharga daripada penguasaan bola tanpa menciptakan ancaman yang berarti ke gawang lawan.

Kekalahan Liverpool memberikan berkah bagi West Ham. Sebelum jedah internasional pekan depan, West Ham berhasil duduk di tempat ke-3 klasemen sementara Liga Inggris. Hanya selisih 3 poin dari pemuncak klasemen, Chelsea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan