Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Alasannya "Era Baru" Barcelona Tanpa Messi Perlu Diragukan

31 Agustus 2021   19:25 Diperbarui: 1 September 2021   02:39 241 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Alasannya "Era Baru" Barcelona Tanpa Messi Perlu Diragukan
Ronald Koeman, pelatih Barcelona dan Griezmann. Foto: AFP/Lluis Gene via Kompas.com

Kepergian Lionel Messi dari Barcelona menghadirkan salah satu pertanyaan. Apa yang akan terjadi dengan Barcelona?

Pertanyaan ini tak lepas dari kontribusi dan ketergantungan Barca pada Messi selama lebih dari 10 tahun terakhir. Boleh dibilang sangat sulit memisahkan Messi dari Barca, pun sebaliknya.

Gegara persoalan keuangan yang menimpa Barca, tanda tangan perpanjangan kontrak dari pemain yang berjuluk La Pulga itu tidak terjadi. Messi harus rela meninggalkan Camp Nou, yang sudah dinilainya sebagai rumah.

Lantas, di balik kepergian Messi seruan "Era Baru" mencuat dari kubu Barca. Era baru ini ditujukan masa setelah kepergiaan Messi.

Era baru ini bisa membahasakan bahwa kepergian Messi bukanlah akhir dari perjalanan Messi. Malahan, itu bisa menjadi awal perjalanan Barca tanpa bergantung lagi dengan sosok Messi. Pendeknya, Barca tetap eksis walaupun tanpa kehadiran Messi.

Era baru juga menandakan jalan menuju kesuksesan, walau Lionel Messi tak bersama tim. Dengan situasi baru, Barca sekiranya bisa bangkit dan bergerak ke arah kesuksesan.

Persoalannya, era baru ini tidak dimulai dengan pemain bintang selevel dengan kemampuan Messi atau pun bintang muda yang sementara naik daun saat ini. Niat Joan Laporta sewaktu kampanye untuk mendatangkan Erling Haaland berbenturan dengan kondisi keuangan klub.

Era baru ini dimulai dengan situasi yang cukup timpang. Persoalan keuangan menjadi salah satu alasan, di mana era baru yang didengungkan dari kubu Barca bisa berakhir sebagia slogan semata.  

Umumnya, musim ini Barca merekrut para pemain dengan status bebas transfer. Belum lagi, upaya klub yang meminta para pemain untuk memotong gaji mereka.

Selain itu, kondisi lini depan Barca yang tidak terlihat tajam. Sergio Aguero dibekap cedera. Padahal, mantan pemain Manchester City ini belum sekalipun merasakan aura berseragam Blaugrana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan