Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bedakah Rasa Antara Indonesia Meraih Perak Sepak Bola dan Filipina Meraih Perak Bola Voli?

11 Desember 2019   19:08 Diperbarui: 11 Desember 2019   20:13 313 9 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bedakah Rasa Antara Indonesia Meraih Perak Sepak Bola dan Filipina Meraih Perak Bola Voli?
Sumber foto CNN Indonesia

Banyak kesan dan rasa yang muncul dari hasil pertandingan pada perhelatan Sea Games 2019. Kesan dan rasa itu tidak hanya meliputi mereka yang terlibat di arena pertandingan. Tetapi juga para suporter yang menyaksikan secara langsung laga yang terjadi atau pun netizens yang menuangkan dukungannya lewat media sosial.

Meski menang dan kalah acap kali dinilai sebagai bagian dari sebuah pertandingan, tetapi efeknya tetap tidak bisa menyembunyikan perasaan para suporter. Saat menang, para suporter biasanya bersukacita dan meluapkan sukacita itu.

Luapan sukacita itu bisa lewat platform media sosial tertentu. Begitu pula saat seorang atlet dan tim kesayangan mengalami kekalahan. Medsos pun menjadi tempat luapan rasa dan kesan dari kekalahan tersebut.

Setelah Indonesia kalah dari Vietnam (0-3) dalam partai final di Sea Games, ada pelbagai macam reaksi dan perasaan yang muncul. Tidak sedikit yang merasa sedih dan kecewa karena emas yang dimimpikan mesti berakhir di tangan Vietnam.

Hemat saya, Vietnam tampil dominan dan taktis saat bermain melawan Indonesia dalam laga final semalam. Mencermati penampilan mereka, medali emas patut dikalungkan pada para pemain dari Vietnam ini.

Meski anak-anak asuh Indra Shafri berhasil meraih medali perak, tidak sedikit fans dan netizens yang merasa kecewa dan sedih. Rupanya raihan medali perak kurang memberikan kabar sukacita untuk sebagaian orang.

Padahal ada banyak tim dari negara lain yang bersusah payah berjuang untuk mengejar sekeping medali. Memang untuk konteks Indonesia, sepak bola sudah mendapat di hati rakyat.

Kemenangan dan medali emas adalah harapan yang tertanam kuat. Makanya kekalahan hanya akan menjadi luka yang menghadirkan rasa pilu dan kecewa.  

Kita sebagai para penggemar sepak bola mania sepatutnya berterima kasih karena timnas berhasil maju ke final. Soal kehilangan emas ke tangan Vietnam bisa menjadi pelajaran untuk perjalanan timnas ke depannya.

Apalagi para pemain masih muda. Kalau mereka didampingi secara baik dan terarah, bisa jadi masa depan sepak bola Indonesia berada di jalan yang cerah.

Kesedihan dan kekecewaan atas sebuah kekalahan dalam pertandingan olahraga itu adalah reaksi yang normal. Tetapi kesedihan dan kekecewaan itu tidak boleh melupakan prestasi yang sudah tercapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x