Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kalau Pelayanan Ramah, Kita Makin Betah!

26 Oktober 2019   17:55 Diperbarui: 26 Oktober 2019   18:09 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto by metrocabpdxhill on pinterest

Pengalaman tadi pagi di sebuah fasilitas publik. Kebetulan saya tidak tahu membuka salah satu pintu keluar dari tempat  itu. Tanpa membaca instruksi di depan pintu, saya langsung nyosor hendak membuka pintu.

Melihat kesalahan saya, salah satu petugas yang berada tak jauh dari tempat saya berteriak dan memberi instruksi. Jarak antara saya dengan petugas itu sekitar belasan meter. Tentu saja, teriakannya itu didengar oleh orang lain di dalam tempat itu.

Saya bukannya malu karena ketidaktahuan saya. Saya hanya begitu kaget dengan pelayanan seperti itu. Apa salahnya kalau salah satu petugas ditempatkan di pintu itu guna membantu orang-orang yang mempunyai persoalan seperti yang sedang saya hadapi. Semoga saja saya sendiri yang pernah mengalami hal seperti itu.

Atau juga, apa salahnya saya yang lagi bingung didekati dan diarahkan dengan baik. Hemat saya teriakannya hanya membuat situasi tidak etis karena ada orang lain selain saya di tempat itu. Belum tentu semua orang suka dengan lengkingan suara dari petugas itu.

Pengalaman ini mengingatkan saya kalau keramahan mesti menjadi bagian dari bentuk pelayanan dan jasa apa pun. Bahkan keramahan adalah kunci utama agar orang mau mengambil jasa kita. Apalagi kalau hal itu terjadi di tempat publik.

Siapa saja pastinya tersentuh dan senang kalau memasuki sebuah kantor, restauran, toko, bandara dan tempat publik lainnnya diterima dengan sapaan dan perlakuan yang ramah dari para petugas dan pelayan.

Contohnya, waktu saya menyodorkan tiket pesawat saya ke salah satu petugas untuk check in, petugas tersebut membuka percakapan dengan memberikan salam dan menanyakan dengan sopan tentang isi bawaan saya. Keramahannya itu pun membuat kita nyaman untuk berkomunikasi.

Keramahan bisa ditandai dengan senyuman  saat menerima orang untuk menerima jasa kita. Ditambah lagi kalau ada ucapan selamat datang atau ungkapan salam seturut waktu kita berkunjung.

Saya masih ingat sewaktu masuk di sebuah swalayan kecil di kota kami. Semua pelayannya selalu mengucapkan salam bergantung waktu pengunjung masuk.

Misalnya, saat itu saya masuk swalayan itu pagi hari. Empat pelayan yang saya jumpai selalu menyampaikan "selamat Pagi" sembari tersenyum. Saya sebagai pengunjung merasa nyaman berada dan berbelanja di tempat itu.

Sebaliknya kita pastinya merasa terasing saat kita memasuki sebuah kantor, restauran, bandara, toko dan tempat publik lainnya tanpa sambutan hangat. Ditambah lagi kalau para petugas beraut raut wajah serius dan kurang bersahabat. Jadinya, kita merasa terasing di tempat di mana kita berada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun