Mohon tunggu...
Donna nirmalawati
Donna nirmalawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - KOTA SEMARANG

Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas DIponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa Pertanian Undip Ubah Limbah Nasi Basi Jadi Mikroorganisme Lokal (MOL)

3 Agustus 2021   08:56 Diperbarui: 3 Agustus 2021   09:16 82 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (3/8)- Pandemi covid-19 kian hari kian meningkat seiring dengan bertambahnya kasus, oleh karena itu salah satu mahasiswa KKN jurusan pertanian undip menjadikan nasi basi sebagai bahan utama untuk pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL). 

Kegiatan ini ditujukan kepada Ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Muktiharjo Kidul untuk gemar budidaya tanaman sayur saat pandemi dengan mengandalkan MOL sebagai media penyubur tanaman.

Permasalah yang ditemui di RT 03 dan RT 04Kelurahan Muktiharjo Kidul ini yaitu banyakanya limbah nasi basi yang terkumpul seiap harinya. nasi basi tersebut kebanyakan tidak diolah menjadi hal yang lebih bermanfaat oleh Ibu-ibu rumah tangga, maka dari itu muncullah inovasi pembuatan MOL yang dapat digunakan untuk pupuk pada tanaman. 

Pembuatan MOL ini dilakukan pada tanggal 14 Juli - 23 Juli 2021 kemudian dilanjutkan sosialisasi dan edukasi kepada Ibu-ibu rumah tangga pada tanggal 3 Agustus 2021. 

Sosialisasi kegiatan ini menggiuunakan media leafleat yang disebarkan tiap rumah ke rumah. masyarakat sangat antusias pada saat kegiatan sedang berlangsung dan mencoba langsung untuk mempraktekan dirumah sendiri dengan melihat  unggahan di Youtube (https://youtu.be/rSmEQCIIOi4.) bagaimana proses lebih jelasnya.

Mikroorganisme Lokal (MOL) merupakan suatu kumpulan senyawa yang  difungsikan sebagai pupuk organik cair. selain itu MOL juga dapat dijadikan sebagai starter pada pembuatan pupuk kompos. Cara pembuatan MOL ini juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. caranya yaitu:

  • jamurkan nasi basi terlebih dahulu sekitar 4-5 hari hingga terbentuk jamur berwarna orange
  • siapkan ember kemudian masukan nasi basi yang sudah dijamurkan
  • masukan 1 liter air
  • masukan 5 sdm gula kemudian aduk hingga rata.
  • Adonan MOL dimasukan ke dalam botol dan dsimpan selama 7 hari

Harapan masyarakat terkait kegiatan edukasi pembuatan MOL ini yaitu pada saat pandemi covid ini masyarakat khususnya Ibu-ibu rumah tangga dapat melakukan kegiatan yang lebih positif dengan berkebun tanaman sayur dan memanfaat MOL dari limbah nasi basi sebagai media untuk menyuburkan tanaman.

penulis : Donna nirmalawati

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan