Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... www.donibastian.com

menulis sebisanya..

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Keeping Koi Begins and Ends with Kohaku

16 Maret 2020   04:08 Diperbarui: 17 Maret 2020   18:55 89 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keeping Koi Begins and Ends with Kohaku
Ikan Koi Kohaku - Sumber gambar : www.gilakoi.com

Memelihara ikan Koi tak sekadar memelihara ikan hias. Mengapa demikian? Sebab ikan koi memilki keunggulan dan keistimewaan dibanding ikan hias manapun yang ada di muka bumi.

Salah satu keistimewaan ikan Koi adalah penampilannya yang indah dengan berbagai macam pola dan warna. Terdapat puluhan bahkan ratusan jenis ikan koi sebagai hasil budidaya para breeder yang dilakukan secara serous dan intensif turun temurun dari generasi ke generasi.

Kohaku

Koi dibagi menjadi 13 varitas untuk mempermudah identifikasi pola dan warnanya. Salah satunya adalah varitas Kohaku. Kohaku sangat populer di kalangan para pecinta ikan koi karena penampilannya yang simpel dan elegan. Meski hanya memiliki 2 warna, namun Kohaku telah memikat hati jutaan orang untuk memeliharanya sebagai penghias kolam di rumah.

Warna merah pada Kohaku membentuk beberapa pola, bagaikan lukisan di atas kanvas putih. Jika ada sekelompok ikan koi yang berada di dalam kolam, maka yang menjadi pusat perhatian adalah Koi Kohaku, bahkan bagi orang awam sekalipun. Dengan penampilannya yang 'eye catching' ini , wajar saja jika para pehobi pemula selalu ingin memeliharanya

Begins and ends with Kohaku

Di dalam komunitas para pecinta koi, ada pepatah yang berbunyi ,"Keeping Koi begins and ends with Kohaku". Maksudnya adalah bahwa jika  seseorang memelihara koi, maka pada awalnya selalu ingin memelihara koi jenis Kohaku ini. Setelah itu akan menambah koleksinya dengan varitas lainnya seperti Sanke, Showa, Utsuri, Shusui dlsb.

Setelah bertahun-tahun memelihara koi dan memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman di dalam dunia perkoaian, maka seseorang akan menjadi pecinta berat ikan koi, dan pada saatnya, dia akan kembali kepada koi favoritnya yaitu Kohaku.

Kohaku seringkali tampil sebagai pemenang Grand Champion. Sumber Foto : www.hikari.info
Kohaku seringkali tampil sebagai pemenang Grand Champion. Sumber Foto : www.hikari.info
Juara di berbagai acara Kontes Koi (Koi Show)  

Salah satu bukti bahwa Kohaku adalah koi favorit bagi para pecinta koi adalah tampilnya Kohaku sebagai pemenang pada berbagai acara kontes koi yang diselenggarakan, baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Bahkan untuk kelas paling bergengsi. Kohaku seringkali memenangkan gelar Grand Champion.

Untuk diketahui, ikan Koi pemenang Grand Champion harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu dengan ukuran panjang badan rata-rata  lebih dari 80 cm. dapat dibayangkan bagaimana lika-likunya memelihara koi hingga berukuran diatas 80 cm.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN