DonaPalembang101
DonaPalembang101 Wiraswasta

Wanderer Donakepompong.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Tempoyak, "Signature Ingredient" Kuliner Melayu

11 Januari 2018   11:20 Diperbarui: 12 Januari 2018   05:01 1053 4 5
Tempoyak, "Signature Ingredient" Kuliner Melayu
dona

Musim  Durian telah tiba . Ada yang menyambutnya dengan suka cita . Karena bau khasnya ,  ada juga yang mengolongkanya" bencana alam" .  Arako  teman saya yang Kompasianer Palembang  itu , adalah Durian Lover. Kalau  lewat Pasar Kuto -Palembang , pasang mata . Siapa tahu , bersua Arako sedang nongkrong makan Durian (Durio zibethinus) Saya  termasuk yang plin -plan soal Durian  .  Benci tidak , suka bener juga  enggak . Ada di makan ,  tidak ada tidak mencari .Makan duren , cuma kalau gratisan .

Malam minggu , tetangga ku  yang baik hati datang bertandang .Dengan kata pengantar , oleh - oleh dari dusun . Bersama itu , Duku dan Duren diserahkan .Mengingat menimbang , akhirnya memutuskan  Durian yang cuma sebuah ini dibuat tempoyak saja .

Tempoyak  , adalah signature ingredient  masakan Melayu  .  Fermentasi Durian ini , dengan nama yang berbeda -- beda digemari sepanjang Asia Tenggara . Setiap daerah , punya kuliner khas dengan Temponyaknya . Ikan Patin masak tempoyak ,  kegemaran Ibunda biduan Siti Nurhaliza dari Malaysia  . Sambel tempoyak  Udang dan Petai , juara di Bengkulu . Wong Plembang , punya resep brengkes Tempoyak 

Tempoyak ,  punya rasa asam dan aroma durian yang kuat.Bila sudah mengunakan Tempoyak ,asam tak diperlukan lagi .  Semakin lama disimpan , semakin asam rasanya . Karena itu , kadang di tambahkan garam dan cabe rawit sebagai varian rasa.Awalnya,olahan ini  untuk  mengawetkan Durian. Bila di simpan dengan benar , Tempoyak dapat bertahan sampai dua tiga bulan  bahkan lebih.

Membuat Tempoyak , mudah saja .

Cukup pisahkan daging buah dengan biji durian

Lalu simpan dalam wadah/ toples tertutup  sekitar 3-4 hari.

Wadah penyimpanan , harus tertutup rapat bersih dan kering . Untuk menghindari  , tempoyak berjamur. Bila dirasa tingkat keasamanya sudah sesuai selera , Tempoyak dapat segera di konsumsi .

kompal
kompal