Mohon tunggu...
Don Zakiyamani
Don Zakiyamani Mohon Tunggu... Penikmat Kopi Senja

personal web https://www.donzakiyamani.co.id Wa: 081360360345

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mualem Kemenpora RI 2019-2024

4 Juli 2019   21:15 Diperbarui: 4 Juli 2019   21:18 0 1 1 Mohon Tunggu...
Mualem Kemenpora RI 2019-2024
anterokini.com

Siapa tak kenal sosok yang membuat gempar dengan pernyataan referendum beberapa waktu yang lalu. Sosok yang pendiam dan lebih berbuat. Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) kini menjadi Ketua Umum Partai Aceh. Partai lokal terbesar di Aceh sekaligus pemenang pileg 2019. Selain itu, mantan Wakil Gubernur Aceh ini merupakan Ketua Umum Koni periode 2018-2022.

Muzakir Manaf atau yang lebih dikenal dengan Mualem merupakan tokoh yang patut dipertimbangkan Jokowi masuk dalam bursa kabinet 2019-2024. Selain berwibawa, Mualem memiliki jaringan luas. Bukan hanya nasional, jaringannya sampai ke luar negeri. Tentu saja akan memudahkan kinerjanya ketika memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Mualem saat ini sebagai Ketua Kwartir Daerah Pramuka Aceh periode 2018-2023. Ini periode kedua dirinya memimpin Pramuka Aceh. Sama halnya dengan posisinya sebagai Ketua Umum KONI Aceh juga saat ini periode kedua. Menurut saya, dua jabatan ini sangat terkait dengan Kemenpora. Artinya Mualem telah memiliki pengalaman memimpin pemuda dan juga membina olahraga.

Sebagai Ketua Umum Partai Lokal terbesar di Aceh, Mualem perlu diberi kesempatan yang lebih besar. Posisi Kemenpora 2019-2024 membutuhkan sosok visioner, memiliki jaringan luas, dan tegas serta berwibawa. Semua itu dimiliki Mualem. Ia terbukti mampu memimpin dan memiliki visi yang kuat. Partai Aceh selama dipimpin Mualem telah berubah menjadi partai yang lebih modern. 

Mualem sukses merekrut akademisi, intelektual, berkolaborasi dengan mantan kombatan GAM. Mualem mudah beradaptasi dengan situasi dan siapa pun. Dengan kemampuannya itu rasanya sulit bagi Jokowi tidak meminang Mualem sebagai Kemenpora. Menunjuk Mualem juga menguntungkan bagi Jokowi yang kalah telak di Aceh. Jokowi harus membuktikan kenegarawannya dengan memilih menteri secara objektif. Memilih Mualem merupakan bukti bahwa Jokowi seorang Presiden yang tidak memilih berdasarkan hasil pilpres.

Penunjukkan Mualem pasti akan disambut gempita oleh rakyat Aceh. Keseriusan integrasi Aceh dalam NKRI dapat di implementasikan dengan penunjukkan putra Aceh dalam jajaran kabinet. Meski dalam pilpres Mualem mendukung Prabowo-Sandi namun saya percaya Mualem akan bekerja sebagai seorang menteri bukan sebagai tim sukses.

VIDEO PILIHAN