Mohon tunggu...
Domi Maghu
Domi Maghu Mohon Tunggu... Menulis adalah senjata terbaik mengungkap kemunafikan.

Saya adalah seorang mahasiswa ilmu administrasi negara. Saat ini sedang menyelesaikan studi di kota malang.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Donald Trump: Kita Bisa Memutus Semua Hubungan dengan China

15 Mei 2020   13:41 Diperbarui: 15 Mei 2020   15:03 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Donald Trump: Kita Bisa Memutus Semua Hubungan dengan China
cnn.com

Perang dagang antara China melawan Amerika Serikat tak ada henti-hentinya, saling serang kedua negarapun sudah menjadi konsumsi publik dunia yang biasa, perang dagang yang telah di mulai sejak 2018 rupanya belum memasuki tahap akhir.

Kali ini Donald Trump kembali menebar ancaman terhadap China, Trump mengaku memiliki banyak cara untuk menghentikan china termasuk memutus semua hubungan dengan China.

"Ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Kita bisa memutus seluruh hubungan (dengan China)," tegasnya.

Sikap mengeras Trump ini di sinyalir sebagai upaya-upaya keras AS menghentikan laju China yang tidak terkontrol ketika Negara yang di pimpin oleh Donald Trump masih dalam perlawanan dengan Covid-19, china justru sudah bisa membuka segala aktifitas ekonominya, yang tentu saja itu akan membuat amerika serikat makin tertinggal.

Doanld Trump berdalih bahwa Covid-19 telah mengubah cara pandang terhadap kesepakatan dangga yang sudah di buat, menurutnya kepercayaan terhadap China telah berakhir dengan Covid-19.

"Saya membuat kesepakatan perdagangan yang hebat dan sekarang saya bisa katakan, saya tak merasakan hal yang sama. Tinta sudah mengering dan wabah (COVID-19) datang. Rasanya jadi tak sama buat saya."

Bahkan Trump dengan tegas bisa memutus hubungan dengan China, Trump juga mengatakan bahwa ia tidak ingin lagi berhubungan dengan Xi Jinping, karna menurutnya dia bisa saja melakukan banyak hal untuk menghukum China.

Bagi trump memutuskan hubungan dengan China bisa lebih menghemat Dolar, dan amerika serikat tidak akan mengalami kerugian apapun dari putusnya hubungan tersebut.

"Sekarang, jika kamu melakukannya, apa yang akan terjadi?" ujar Dia bertanya. "Anda akan menghemat USD500 miliar jika Anda memutuskan seluruh hubungan," kata dia.

Namun sejauh ini perdagangan antara China dan Amerika Serikat masih terus berlanjut, bahkan import barang terbesar di Amerika serikat tersebut masih berasal dari China, jadi memutuskan hubungan dengan China sama aja bunuh diri sendiri bagi Amerika serikat.

Sedangkan Xi Jinping belum memberikan tanggapan terkait pernyataan Donald Trump tersebut, Xi Jinping memang di kenal sangat misterius dan sangat terukur dalam memberikan pernyataan terhadap media, dia lebih mempercayakan bawahannya untuk berbicara di media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN