Mohon tunggu...
Dolvina Lea Ansanay
Dolvina Lea Ansanay Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Karakter Ajar Aspek Kognitif

9 Oktober 2023   07:31 Diperbarui: 9 Oktober 2023   08:09 469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                              Karakteristik Ajar Aspek Kognitif

                                                                                                                      Oleh : Dolvina Lea Ansanay

A. Pengertian Aspek Kognitif 

      Kognitif adalah semua aktivitas mental yang membuat suatu individu mampu menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa, sehingga individu tersebut mendapatkan pengetahuan setelahnya. Hal ini dapat dilihat pada kompetensi seorang mampu menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan kemampuan bepikir, menilai dan mempertimbangkan sehingga dapat memperoleh pengetahuan baru setelah menyelesaikan tahapan tersebut atau memecahkan sebuah masalah yang disebut sebagai pengalaman.

Pengertian Aspek Kognitif menurut para ahli

  • Menurut Williams dan Susanto, yaitu cara individu bertingkah laku, bertindak, dan cepat lambatnya individu saat memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
  • Menurut Neisser, yaitu perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan.
  • Menurut Gagne, yaitu proses internal yang terjadi di dalam pusat susunan saraf ketika manusia sedang berpikir.
  • Menurut Drever, yaitu istilah umum yang melingkupi metode pemahaman, yakni persepsi, penilaian, penalaran, imajinasi, dan penangkapan makna.
  • Menurut Piaget, yaitu bagaimana anak beradaptasi dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.

B. Fungsi Kognitif

 Aspek kognitif dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Memori atau daya ingat 

Mengelola pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh membuat individu akan berpikir ulang kembali dengan cara mengingat suatu peristiwa dan kejadian yang pernah dialami sehingga akan mampu untuk menganlisis dan mengambil keputusan berdasarkan kejadian yang pernah dialaminya.

2. Fungsi Eksekutif 

Tahapan pengambilan keputusan sebagai bentuk fungsi eksekutif berpikir kognitif. Langkah ini merupakan wujud dari proses berpikir lanjutan terhadap suatu peristiwa atau kejadian yang telah dilalui sebelumnya.

3. Komunikasi 

Membangun percakapan dan berani mengemukakan pendapat berdasarkan pengetahuan dan analisa manjadi suatu bentuk aktualisasi dari berpikir kognitif. Rasa percaya diri untuk berargumen karena pernah mengalami dan melalui tahapan berpikir tersebut.

C. Perkembangan Kognitif 

         Pembelajaran di ranah kognitif mengacu pada tingkat kecerdasan seseorang, misalnya pengetahuan dan keterampilan berpikir. Untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang di lingkungan sekolah, pada umunya melalui pelaksanaan ujian. Alat yang digunakan untuk mengukur kecerdasan melalui pelaksanaan ujian, test, maupun uji performance.

       Sejarah perkembangan aspek kognitif tidak terlepas dari teori Taksonomi Bloom dan Andesron. Pada tahun 1956 Benjamin Bloom memperkenalkan kerngka konsep kemampuan berpikir peserta didik yang dikenal dengan pengunaan kata benada,   Taksonomi Bloom :

1. Pengetahuan (C1)

  • Pengetahuan mencakup kemampuan peserta didik untuk mengingat

2. Pemahaman (C2)

  • Kemempuan peserta didik untuk menjelaskan dan menjabarkan  informasi yang diperoleh

3. Penerapan (C3)

  • Kemampuan peserta didik  untuk menerapkan informasi yang telah diperoleh dalam konteks yang berbeda.

4. Analisis (C4)

  • Merupakan kemampuan peserta didik untuk mengidentifikasi, memisahkan, membedakan, komponen asumsi dan hipotesis untuk melihat kontradiksi yang terjadi

5. SIntesis (C5)

  • Kemempuan peserta didik untuk mengkombinasikan elemen ke struktur yang lebih besar

6. Evaluasi (C6)

  • Kemempuan peserta didik untuk menilai dan mengambil keputusan atas suatu ide dan gagasan, metode, produk, membandingkan, ataupun mengkritik serta mengevaluasi.

Seiring dengan berkembangnnya zaman pada tahun 1994 Lorin Anderson menambahkan teori Taksonomi Bloom edisi revisi dan akhirnya pada tahun 2001 Anderson telah membuat perubahan pada domain kognitif dengan pengunaan  kata kerja operasional yang  merupakan pengelompokan suatu soal berdasarkan aspek kognitifnya :

1. Mengingat (C1)

  • Berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam menyimpan dan memproses ulang memanggil kembali informasi yang pernah diperoleh melalui pikiran

2. Memahami (C2)

  • Proses peserta didik mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya yang telah mereka pelajari.

3. Menerapkan (C3)

  • Peserta didik mampu menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam memecahkan persoalan

4. Menganalisis (C4)

  • Kemampuan menguraikan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil sehingga diperoleh makna yang lebih dalam

5. Mengevaluasi (C5)

  • Kemapuan peserta didik dalam melakukan penilaian dan validasi  yang didasarkan pada kriteria standar tertentu

6. Mencipta (C6)

  • Proses berkarya yang dilakukan peserta didik dengan cara menuangkan ide gagasan baru, murni, sesuai daya imajinasi dan kreativitas yang dimiliki

                                                                                                      Tabel 1. Taksonomi Bloom Edisi Revisi 

                                                                                                    

D. Dimensi Kognitif 

Menurut Resnick (1987) keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktifitas mental yang paling dasar. Proses kognitif sama dengan kemampuan berpikir, kompetensi dalam mengembangkan pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan dan penalaran. Anderson melalui taksonomi yang direvisi memiliki proses dan melibatkan dimensi pengetahuan, antara lain :

1. Dimensi Factual (peristiwa, waktu, tempat, benda)

  • Berkaitan dengan simbol – simbol seperti angka, tanda dan gambar, penegtahuan tempat, orang, tanggal, sumber informasi dan semacamnya.

2. Dimensi Konseptual

  • Merupakan konsep atau teori yang dipelajari sehingga peserta didik dapat melakukan pengklasifikasian, atau pembagian sehingga mampu memecahkan permasalahan dan kemampuan mengeneralisasikan fenomena, atau masalah yang kompleks.

3. Dimensi Prosedural

  • Mampu mengambil langkah dan tahapan keputusan yang teratur sistematis berdasarkan hasil observasi ataupun eksperimen yang kontiniu. Peserta didik mengetahui stategi dan metode yang tepat dalam memecahkan persoalan yang dihadapi.  

4. Dimensi Metakognitif

  • Pengetahuan mengenai kesadaran secara umum atau kewaspadaan pengetahuan dan tentang kesadaran pribadi seseorang. Sadar dan bertanggung jawab untuk pengetahuan dan pemikiran sendiri.

E. Cara memperoleh pengetahuan 

  • Sains                                                                                                                                                                                                                                                    Merupakan pengetahuan rasional empiris mencari hubungan sebab akibat, objek penelitian saians seperti alam, hewan, dan manusia serta kejadian – kejadian yang terjadi dia alam dan sekitar hewan dan manusia. Sains berfungsi sebagai alat eksplanasi, pengontrol dan peramal.
  • Filsafat                                                                                                                                                                                                                                                            Pengetahuan filsafat adalah pengetahuan yang logis, bagaimana cara memperoleh pengetahuan dengan berfikir secara mendalam tentang sesuatu yang abstrak maupun penyebab hal yang konkrit. Filsafat berguna sebagai kumpulan teori, pemecahan masalah, dan sebagai pandangan hidup. Berdasarkan kebermanfaatnaanya dapat memperoleh pengetahuan dengan berfilsafat sebab akan mampu mempengaruhi corak berpikir.  Hal ini akan berdampak pada penyelesaian  masalah secara mendalam dan universal,  dalam arti mencari tahu akar permasalahan dan melihat masalah ini secara luas.
  • Mistis                                                                                                                                                                                                                                              Pengetahuan mistis adalah pengetahuan yang tidak dapat dipahami dengan rasio,   dalam arti hubungan sebab akibat tidak dapat dipahami dengan akal pikiran. Pengetahuan mistis  terkadang memiliki bukti empiris tetapi terkadang tidak dapat dibuktikan secara empiris. Pengetahuan mistis ini tidak diperoleh melalui indera atau  rasio namun melalui rasa dan hati yang  sebagai alat untuk mengetahui keberadan objek. Objek ada pengetahuan mistis supra rasional seperti keberadaan Tuhan, malaikat, alam gaib, dan lainnya. Objek laninnya yang hanya dapat diketahui melalui pengetahuan mistis tidak dapat dipahami oleh rasio yaitu supra natural (supra-rasional), seperti kebal, debus, pellet, santet dan sebagainya.

F. Jenis pengetahuan 

  • Langsung (Immediate)

Adalah pengetahuan yang hadir dalam jiwa tanpa melalui proses penafsiran dan pikiran. Perasaan ini berkaitan dengan realitas – realitas yang telah dikenal sebelumnya seperti pengetahuan pohon, rumah, binatang, dan beberapa individu manusia, yang artinya sekali melihat langsung dapat dikenali.

  • Tidak Langsung (mediated)

Merupakan hasil dari pengaruh interpretasi dan proses berpikir serta pengalaman – pengalaman yang lalu. Apa yang kita ketahui dari benda – benda eksternal banyak berhubungan dengan penafsiran dan pikiran.

G. Cara penyampaian 

  • Mengunakan pendekatan berbasis masalah
  • Pengunaan metode diskusi dan tanya jawab
  • Penerapan pendekatan keterampilan berpikir
  • Pengunaan media interaktif
  • Memberikan tantangan
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif

                                                                                                                                Daftar Pustaka

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun