Mohon tunggu...
Dayan Hakim
Dayan Hakim Mohon Tunggu... Dosen - persistance endurance perseverance

do the best GOD do the rest

Selanjutnya

Tutup

Money

Meningkatkan Kualitas Layanan Jakarta Commuter Line

20 Desember 2016   11:48 Diperbarui: 20 Desember 2016   12:49 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Jakarta Commuter Line sudah eksis. Pelayanan yang diberikan sudah cukup baik walau belum masuk kategori memuaskan. Perbaikan masih perlu dilakukan di beberapa bagian. Mengingat kendala keuangan yang terbatas tentu saja perbaikan yang dilakukan harus secara bertahap. Beberapa usulan perbaikan kualitas layanan yang saat ini mendesak untuk dilakukan adalah sebagai berikut:

Renovasi Stasiun Pemberhentian

Kondisi Stasiun pemberhentian yang ada sudah cukup baik. Namun renovasi seperlunya dan pengecatan ulang perlu dilakukan.

Beberapa stasiun pemberhentian yang saat ini tidak aktif perlu diperbaiki agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penggunaan menampung mobilitas penggunaan JCL.  Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan KSO dengan pihak ketiga sehingga lebih ringan dalam pembiayaannya.

Area parkir dan interkoneksi dengan moda transportasi lainnya perlu ditata ulang sehingga membuat penumpang merasa nyaman untuk dapat masuk dan keluar ke stasiun. Contohnya di Stasiun Sudirman dan Palmerah. Penyeberangan jalan dan koridor interkoneksi dengan Damri dan Trans Jakarta harus diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan dari Dinas Perhubungan Pemda DKI sehingga dapat dibagi pembiayaannya.

Untuk beberapa stasiun pemberhentian yang memiliki area cukup luas dapat ditambahkan fasilitas penitipan sepeda dan sepeda motor yang tertutup dengan perhitungan sewa bulanan yang tentu dapat memberi tambahan pendapatan bagi JCL sebagai bagian dari Program Optimalisasi Aset PT KAI.

Perbaikan dan renovasi stasiun pemberhentian akan membuat nyaman pengguna jasa layanan Jakarta Commuter Line. Pagar pembatas jarak aman dan tutup koridor hujan amat dibutuhkan bagi stasiun kecil.

Penambahan Rute Layanan

Rute layanan yang ada dengan 6 layanan saat ini sudah cukup baik namun belum mampu memenuhi kebutuhan para pengguna jasa JCL. Beberapa tambahan pemberhentian dirasa sudah mendesak untuk dilakukan, yakni:

Rute Maja/Tigaraksa – Tanah Abang agar segera direalisasikan untuk dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian Provinsi Banten.

Rute Cikarang/Cibitung – Manggarai agar segera direalisasikan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya yang selama ini bertumpuk di Cawang. Untuk itu perlu dibangun stasiun pemberhentian baru di Cibitung dan TMP Patriot Bangsa. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak Jababeka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun