Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

"Ikhlas", Kolaborasi Megah Penyanyi Terbaik Tiga Negara

8 Juni 2019   10:11 Diperbarui: 8 Juni 2019   10:12 0 1 0 Mohon Tunggu...
"Ikhlas", Kolaborasi Megah Penyanyi Terbaik Tiga Negara
Tangkapan Layar channel YouTube UniversalMYVEVO

Setelah rilis secara eksklusif di Apple Music, Jum'at (31/5/2019), akhirnya single dan Music Video (MV) "Ikhlas" bisa dinikmati di semua platform musik digital seminggu kemudian. Single terbaru Siti Nurhaliza yang berkolaborasi dengan Nissa Sabyan dan Taufik Batisah itu rilis dalam format video musik di channel YouTube "Universal My Vevo", Kamis (6/6/2019).

Suasana bahagia merayakan hari kemenangan tergambarkan dengan apik dalam video arahan Khairul Hazwan, sutradara yang pernah menggarap video klip grup musik The Titans "Dengarkanlah" tahun 2013 silam. Konsep video berdurasi 4 menit 17 detik ini terbilang megah. Tak hanya Siti Nurhaliza, Nissa Sabyan dan Taufik Batisah saja yang muncul, tapi juga puluhan figuran berpakaian serba putih dengan aktivitasnya masing-masing yang menggambarkan indahnya kebersamaan saat lebaran.

Menyaksikan dari menit awal video ini saya langsung teringat video klip Sabyan Gambus "Ya Maulana." Detik ke 11 "Ikhlas" mirip dengan detik awal "Ya Maulana" saat kamera berputar menghadap langit menembus rindangnya ranting pepohonan hutan pinus. Lokasi syutingnya mirip dengan lokasi pengambilan gambar "Ya Maulana" di hutan pinus Bogor.

Tapi syuting "Ikhlas" tentu saja tak dilakukan di Indonesia tapi di Malaysia, tepatnya di beberapa lokasi pada kawasan edupark Universiti Putra Malayasia (UPM) Serdang, Selangor. Bukan hanya di hutan sebagaimana "Ya Maulana," ada juga pegambilan gambar yang dilakukan di areal padang rumput, seperti pada intro lagu saat Taufik Batisah muncul di detik pertama.

Di video ini bukan hanya manusia yang menjadi di figuran, ada juga kuda yang muncul di beberapa adegan bersama ketiga penyanyi. Bahkan pada beberapa scene, kuda beruntung itu sempat ditunggangi Siti Nurhaliza dan Taufik Batisah meski dalam keadaan diam tak berjalan. Entah kenapa hanya Nissa yang tak menungganginya dan cuma bernyanyi di depan kuda putih tersebut.

 Selain suasana bahagia merayakan Idul Fitri, nuansa Islami juga tergambarkan pada adegan Siti Nurhaliza dan Taufik Batisah melakukan aktivitas olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yakni berkuda dan memanah. Pada deskripsi disebutkan kuda terlatih disediakan oleh "Benua Stables" sementara pasukan pemanah oleh "Panah Legenda."

Meskipun tak kebagian adegan menunggang kuda, tapi di video ini Nissa Sabyan mendapat jatah dua kali ganti kostum sementara Siti Nurhaliza dan Taufik Batisah hanya sekali. Nisa tampak anggun dan lebih dewasa dalam balutan busana muslim serba putih rancangan desainer Hazizul Aziz di menit pertama. Di kostum kedua berwarna biru muda, Nissa tampak cute dan menggemaskan dengan model baju yang didesain oleh Helmi Hamdan.

Di usianya yang ke 40 tahun, Siti Nurhaliza masih tampak cantik dan mempesona. Di video musik "Ikhlas" Siti mengenakan busana karya duo desainer Malaysia, Seth and Luna. Dengan busana berwarna biru muda yang dipakainya, Siti nampak berwibaya dan elegan. Sementara Taufik Batisah tampil gagah mengenakan kostum serba putih model jubah ala Star Wars rancangan desainer Salleh Hamid.

Secara keseluruhan tampilan audio visual MV ini nyaman untuk dinikmati dan cukup memanjakan mata. Dari detik awal kita disuguhi suasana alam yang teduh, nyaman dan damai dengan hijaunya padang rumput dan rimbunnya pepohonan. 

Bias sinar matahari yang menembus celah pepohonan memperindah panorama. Semakin indah dengan penampilan dan paras wajah Nissa dan Siti yang memang sedap dipandang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x