Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Persembahan Sabyan Jelang Lebaran, Rilis "Idul Fitri" dan Kolaborasi Nissa Sabyan dengan Siti Nurhaliza

1 Juni 2019   00:15 Diperbarui: 1 Juni 2019   00:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
Persembahan Sabyan Jelang Lebaran, Rilis "Idul Fitri" dan Kolaborasi Nissa Sabyan dengan Siti Nurhaliza
Tangkapan Layar YouTube Sabyan Channel

Sabyan Gambus dan Nissa Sabyan kembali persembahkan karya spesial. Setelah mewarnai momentum Ramadhan dengan launching album perdana dan kolaborasi Nissa Sabyan dengan penyanyi Libanon Adam Ali, jelang lebaran ini Ayus dan kawan-kawan merilis video musik "Idul Fitri." Sementara sang lead vocal berkolaborasi dengan Diva pop Malaysia Dato' Sri Siti Nurhaliza dan penyanyi Singapura Taufik Batisah.

"Idul Fitri"

Sebagaimana "Ya Romdhon," video musik "Idul Fitri" dipublish di channel YouTube Sabyan Channel, Kamis (30/5/2019). Tak seperti beberapa klip sebelumnya yang diawali promo singkat di Instagram dan kanal YouTube mereka beberapa hari sebelum rilis, "Idul Fitri" tiba-tiba tayang tanpa "woro-woro." Hanya mereka yang subscribe Sabyan Channel sudah dapat bocoran sehari sebelumnya. Rabu (29/5/2019) muncul notifikasi bahwa Sabyan Channel mengupload video baru berjudul "Idul Fitri." Namun setelah di-klik video tersebut "hilang" sementara dan ternyata baru tayang keesokan harinya.  

"Idul Fitri" adalah klip kedua dari album "Bismillah" setelah video pertama "Ya Romdhon" yang dirilis menyambut Ramadhan. Sesuai judulnya, "Idul Fitri" yang dirilis hanya beberapa hari jelang lebaran memang pas dan nampaknya sengaja diciptakan untuk memeriahkan suasana hari kemenangan. Suasana gembira dan bahagia menyambut lebaran tergambar di video klip berdurasi 4 menit 48 detik tersebut. 

Ini juga merupakan video kedua setelah "La Tabki Ya Saghiri" dengan teknik one take shot yaitu teknik pengambilan gambar sekali dengan satu kamera yang terus berjalan merekam dari awal hingga akhir.

Seperti biasa, konsep videonya juga sangat sederhana. Kegembiraan merayakan lebaran cukup digambarkan oleh lima personel Sabyan Gambus. Diawali adegan Owan memutar CD album "Bismillah" dimana di dalamnya terdapat lagu "Idul Fitri."

Pada detik ke 11 dimulailah adegan dengan teknik one take shot. Diawali Nissa turun dari mobil menuju sebuah rumah dimana rekan-rekannya sudah berkumpul untuk merayakan lebaran bersama. Selanjutnya kamera terus merekam keceriaan Nissa, Ayus, Owan, TeBe dan Kamal berbagi kebahagiaan dan saling bermaaf-maafan yang diakhiri dengan menikmati sajian kuliner khas lebaran.

Tema lagunya juga sangat pas dengan nuansa lebaran dengan intro kumandang kalimat takbir. Lagu ciptaan Ayus dan Nissa ini berisi ungkapan rasa syukur setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan kegembiraan menyambut hari lebaran. Digambarkan pula kebahagiaan berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara untuk bersilaturahmi saling memaafkan.

Sabyan Gambus dan manajemennya cukup jeli melihat momen untuk merilis karya terbaru mereka.  Album perdana "Bismillah" dan single "Ya Romdhon" dirilis saat memasuki bulan suci Ramadhan. Selanjutnya Nissa memberi kejutan berduet dengan Adam Ali membawakan lagu hits "Al Barq Al Yamani." Tak lama kemudian launching trailer film "Sabyan Menjemput Mimpi" di pertengahan Ramadhan. Dan sekarang merilis lagu "Idul Fitri" di detik-detik menuju hari lebaran.

Terbukti video terbaru Sabyan Gambus ini mendapat respon positif dari netizen penikmat musik. Hingga artikel ini diunggah di Kompasiana, hanya sehari setelah dirilis video klip "Idul Fitri sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali dengan 96 ribu like dan langsung masuk jajaran video trending YouTube. 

Tangkapan layar Instagram @nissa_sabyan
Tangkapan layar Instagram @nissa_sabyan
Kolaborasi "Diva" dengan "The Next Diva"

Idul Fitri kali ini sang lead vocal Nissa Sabyan mendapat kesempatan istimewa berkolaborasi dengan diva pop Malaysia Dato' Sri Siti Nurhaliza dan penyanyi Singapura Taufik Batisah. Nissa ikut menyumbangkan suaranya pada single terbaru Siti Nurhaliza berjudul "Ikhlas" yang single dan video musiknya sudah bisa dinikmati di Apple Music mulai Jum'at (31/5/2019). Sementara untuk platform lainnya harus menunggu hingga tanggal 7 Juni 2019.

Rilis single ini sudah dipersiapkan beberapa hari sebelumnya. Promo kolaborasi penyanyi dari tiga negara ini sudah ramai didengungkan di media sosial terutama Instagram dan YouTube. Beberapa foto syuting video klip "Ikhlas" juga sempat dishare Nissa dan Siti Nurhaliza di akun Instagram mereka masing-masing. Sebagaimana "Idul Fitri", "Ikhlas" yang dirilis pada momen hari raya Idul Fitri juga menggambarkan kebersamaan di suasana lebaran.

Dari cuplikan MVnya sudah terasa kemegahan lagu dan visualisasinya. Komposisi musiknya perpaduan pop melayu yang mendayu dengan sentuhan techno dan nuansa R&B. Tak hanya tiga penyanyi saja yang muncul video klip tersebut, tapi juga puluhan figuran dengan kostum serba putih yang menggambarkan indahnya kebersamaan saat lebaran.

Keterlibatan Nissa dalam kolaborasi megah tiga negara itu patut mendapat apresiasi. Di usianya yang masih belia Nissa mampu membuktikan kapasitasnya sebagai vokalis dengan talenta dan anugerah luar biasa. Lagu-lagu yang dibawakannya bersama Sabyan Gambus selalu jadi hits dan langganan trending. Kualitas vokalnya tak perlu diragukan lagi. Lembut dan merdu menusuk kalbu, namun juga bisa powerful di nada tinggi. Tak heran jika Diva sekelas Siti Nurhaliza antusias mengajaknya berkolaborasi.

Jika Siti Nurhaliza dengan segala prestasi dan kematangannya memang sudah pantas disebut Diva Pop, butuh waktu bagi Nissa untuk menyandang gelar tersebut. Paling tidak, Nissa sudah mendapatkan pengalaman yang istimewa dan sangat berharga bisa berduet dengan penyanyi terbaik Negeri Jiran tersebut. Setidaknya ia sudah layak disebut "The Next Diva."

Namun untuk saat ini, sepertinya dan bahkan memang sebaiknya Nissa memilih konsentrasi berkarier bersama rekan-rekannya di Sabyan Gambus. Tak dapat dipungkiri Sabyan Gambus yang melambungkan namanya menjadi salah satu vokalis terbaik dan paling populer di negeri ini. Dan Nissa nampaknya sangat menyadari itu. Ia masih setia berkarya bersama rekan-rekannya di Sabyan Gambus. Kalaupun ada proyek yang hanya melibatkan dirinya, nama "Sabyan" masih melekat di belakang namanya.

---------- = ----------

Seperti halnya Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu ketika Sabyan Gambus mulai melejit, Ramadhan dan lebaran tahun ini mereka kembali menggebrak dengan merilis karya terbaru pada momen yang tepat. Sederet karya terbaik mereka persembahkan mulai album perdana, single dan video musik baru karya sendiri hingga film layar lebar. Ditambah lagi kolaborasi keren sang lead vocal dengan penyanyi luar negeri.

Itu semua merupakan pembuktian bahwa Sabyan Gambus masih tetap solid dan eksis meski sempat muncul nyinyiran akibat pilihan politik kemarin, ditambah lagi kabar mundurnya backing vokal mereka, Anisa Rahman. Nissa dan kawan-kawan masih mampu bertahan dan  terus berkarya di tengah sengitnya persaingan dunia hiburan tanah air. Sabyan Gambus tergolong grup musik yang cukup produktif menghasilkan karya-karya baru. Berkat kreativitas dengan sentuhan kekinian, mereka buktikan bahwa musik gambus dan musik religi bisa diterima dan disuka semua kalangan.