Mohon tunggu...
Dodi Bayu Wijoseno
Dodi Bayu Wijoseno Mohon Tunggu... Administrasi - Belajar, membuat hidup lebih indah

Penyuka Sejarah, hiking dan olah raga

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Nostalgia Masa Kecil di Serunya Tur Virtual Blockbuster Museum Surabaya

4 Juli 2021   23:42 Diperbarui: 4 Juli 2021   23:58 206 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Masa Kecil di Serunya Tur Virtual  Blockbuster Museum Surabaya
Tur Virtual Blockbuster Museum Surabaya. Sumber gambar: tangkapan layar acara tur virtual

Minggu lalu tepatnya hari Sabtu tanggal 26 Juni 2021 saya mendapatkan undangan dari sebuah aplikasi ticketing untuk mengikuti Tur Virtual Blockbuster Museum Surabaya via aplikasi Zoom.  Tur virtual pada situasi pandemi saat ini merupakan salah satu alternatif yang cukup mencerahkan bagi yang kangen jalan-jalan di masa pandemi ini . Kembali kepada undangan tersebut, saya memang penyuka sejarah dan menyenangi hal-hal yang berbau sejarah seperti Museum , tetapi mendapat undangan tur virtual Blockbuster Museum  tersebut saya penasaran serta berpikir bahwa museum ini sepertinya unik dan saya belum pernah berkunjung ke Museum seperti ini sebelumnya. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut saya memutuskan untuk mengikuti acara tur virtual tersebut.

Sebagai informasi,  Museum Blockbuster Surabaya terletak di The Kitchenware Paradise Lantai 2. Jalan Kenjeran No.463-465., Surabaya-Jawa Timur. Museum Blockbuster Surabaya adalah Museum mainan pertama dan terbesar di Indonesia yang mengusung tema film dan game  dengan ribuan koleksi berupa action figure, diorama serta properti film. Museum unik  yang dibuka pada tahun 2019 ini  didirikan dan dimiliki oleh Bpk. Anton Lomewa  yang memiliki hobi mengoleksi segala sesuatu yang berkaitan dengan film dan game. Museum selalu memiliki sumber informasi yang berlimpah, di samping ribuan koleksi berupa action figure,  di museum inipun terdapat infografis perjalanan sejarah perfilman dunia dan Indonesia. 

Dari IG blockbustermuseumsurabaya diketahui jadwal operasional Museum adalah hari Kamis-Minggu pukul: 12.00-19.00 namun saat ini sedang tutup karena  daerah Jawa- Bali melakukan kebijakan PPKM darurat dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 untuk mencegah semakin meningkatnya kasus infeksi virus COVID-19 di Indonesia. Untuk harga tiket : dewasa,  Rp.80.000 di weekday dan Rp. 100.000 di weekend sedangkan untuk anak-anak harganya Rp.60.000 di weekday dan Rp.80.000 di weekend .

Koleksi action figure Museum Blockbuster Surabaya. Sumber gambar: tangkapan layar tur virtual
Koleksi action figure Museum Blockbuster Surabaya. Sumber gambar: tangkapan layar tur virtual

Saat mulai mengikuti tur virtual Blockbuster Museum Surabaya ini saya mendapatkan pengalaman baru dan menarik. Museum ternyata tidak hanya bercerita tentang kisah sejarah atau artefak kuno peninggalan bersejarah sebuah kebudayaan saja, namun mungkin saja rekaman menyenangkan masa kecil kita seperti tokoh idola atau superhero bisa ada di sana. Setiap masa mempunyai idola atau tokoh-tokoh superheronya sendiri dan perjalanan waktu yang panjang akhirnya  merekam semua itu dalam sebuah bingkai sejarah dan nostalgia. Museum Blockbuster ini membingkai era masa lalu hingga masa kini yang masih terus diupdate.  Mungkin orang tua dan anak-anak  akan sama-sama girang ketika berkunjung ke museum ini karena idola-idola masa kecil mereka ditampilkan  di sini , yang bagi orang tua bisa membangkitkan nostalgia dan kisah tersendiri yang dapat dibagikan kepada anak-anaknya.

Sebagai seorang yang lahir di era 80-an dan tumbuh remaja di era 90-an, apa yang ada di dalam museum ini membawa nostalgia menyenangkan ke masa-masa tersebut. Setidaknya dari banyaknya action figure dan diorama yang ditampilkan dalam tur virtual tersebut saya bisa bernostalgia mengenai dua hal: konsol game dan tokoh superhero di masa kecil dan remaja.

Konsol game legendaris

Konsol Game Nintendo dan Super Nintendo yang menjadi legenda pada masanya. Sumber gambar: tangkapan layar tur virtual
Konsol Game Nintendo dan Super Nintendo yang menjadi legenda pada masanya. Sumber gambar: tangkapan layar tur virtual

Di museum ini terdapat diorama yang menampilkan konsol/mesin game di masa lalu seperti: Nintendo dan Super Nintendo.  Konsol game merupakan sebuah industri besar  yang sangat menarik sejak generasi pertamanya diproduksi dan diperkenalkan. Sebagaimana dilansir di   laman computermuseumofamerica.org,  konsol game yang pertama kali diproduksi  adalah Magnavox Odysey yang dirilis pada tahun 1972 di Amerika Utara. Setelahnya konsol game berkembang dan menciptakan  generasi konsol game yang menjadi sejarah tersendiri dalam industri ini. 

Beberapa nama terkenal konsol game adalah sebagai berikut: Nintendo, Sega, Sony Playstation, dan X Box , sejumlah modelnya membukukan angka penjualan yang fantastis di seluruh dunia. Nintendo, Sega, Sony Playstation  adalah konsol game yang sangat terkenal di era tahun 1990-an , Sega sudah berakhir di tahun 1998 namun Nintendo, Sony Playstation dan ditambah satu lagi konsol keluaran Microsoft: Xbox terus berevolusi hingga hari ini.  

Saya cukup beruntung karena pernah memiliki beberapa konsol game di masanya. Memasuki masa remaja di usia 12 tahun di tahun 1993 saya pun mengenal generasi  konsol-konsol game yang populer saat itu dimulai dari konsol game 8-bit generasi ketiga yang legendaris:  Nintendo Entertaiment Entertainment System (NES) atau yang dikenal dengan nama Nintendo. Nintendo ini terkenal dengan game dan  karakter ikoniknya  Super Mario Brothers lalu ada pula salah satu game legendarisnya yang begitu terkenal: Contra dengan grafis yang tentu masih jauh sekali bila dibandingkan dengan grafis yang dihasilkan konsol-konsol game saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN