Mohon tunggu...
Doddy Salman
Doddy Salman Mohon Tunggu... pembaca yang masih belajar menulis

manusia sederhana yang selalu mencari pencerahan di tengah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Satu Dekade "Game of Thrones", Sebuah Visualisasi Kejinya Perebutan Kekuasaan

17 April 2021   11:58 Diperbarui: 17 April 2021   19:50 439 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Satu Dekade "Game of Thrones", Sebuah Visualisasi Kejinya Perebutan Kekuasaan
Poster Game of Thrones. Sumber: Global Panorama di Flickr.com

17 April sepuluh tahun lalu menjadi hari penting untuk pencinta serial drama Game of Thrones (GoT). Di hari itu episode pertama berjudul Winter is Coming diputar di saluran TV berbayar HBO. Episode ini menjadi preambule kisah-kisah episode selanjutnya. Kisah yang penuh intrik, cinta,kebencian, nafsu, air mata dan darah yang tersaji selama 8 musim dengan 73 episode.

GoT memvisualisasikan kejinya perebutan kekuasaan yang dibalut penipuan dan pengkhianatan. Tidak ada kawan abadi, yang ada hanyalah kepentingan abadi. Orangtua, saudara, kawan dengan mudah menjadi musuh. 

Orangtua, suami,istri,saudara, kawan dengan mudah disingkirkan (baca dibunuh) jikalau menghalangi kekuasaan.  

Perebutan kekuasaan itu terjadi di antara 9 marga atau wangsa (house). Hubungan kesembilan wangsa tersebut bisa berdasarkan permusuhan, perkawinan atau kepentingan. 

Pengkhianatan pun bukanlah hal yang diharamkan. Drama pengkhianatan bisa kita saksikan di episode 9 musim ke tiga dengan judul The Rains of Castameres. Pesta perkawinan menjadi pesta pengkhianatan berlumuran darah.

Tidak hanya itu GoT juga dengan enteng memvisualisasikan hubungan seksual mulai dari laki dan perempuan, perempuan dan perempuan hingga laki dan laki. Telanjang menjadi bumbu di setiap musim GoT yang juga penuh dengan kata-kata makian kasar.

Namun di saat bersamaan GoT juga menghadirkan sapaan penghormatan khususnya kepada mereka kaum ningrat.My Lord. My Grace. My Lady adalah sapaan yang menunjukkan kesopansantunan yang bisa diluncunkurkan oleh siapapun termasuk mereka yang sesungguhnya kejam berdarah dingin.

Karya David Benioff dan D.B Weiss ini merupakan adaptasi serial novel a Song of Ice and Fire karya George R.R Martin. Rencana produksinya sudah dimulai sejak tahun 2006 ketika Beniof dan Weiss pertama kali bertemu Martin. HBO dan Martin baru saja menandatangi kontrak selama 5 tahun mengembangkan GoT.

Game of Thrones - Sumber: imdb.com
Game of Thrones - Sumber: imdb.com
Dikisahkan kerajaan Winterfell yang dipimpin Edded "Ned" Stark" menerima kedatangan pemimpin  kerajaan di Westeros yaitu raja Robert Baratheon. Robert meminta Ned menjadi tangan kanannya di King's Landing, ibu kota Westeros. Permintaan itu dicurigai istri Robert yaitu Cersei Lannister sebagai penyerahan kekuasaan kepada Ned Stark. 

Permusuhan Stark dan Lannisterinilah yang menjadi akar cerita GoT.Perjalanan dua marga (wangsa) yang bersaing memperebutkan kekuasaan di Westeros. Singgasana Besi alias Iron Thrones yang dibuat dari pedang menjadi simbol kekuasaan yang diperebutkan.

Iron Thrones konon dibuat dari 1000 pedang para raja yang takluk oleh Aegon sang penakluk. Walaupun sesungguhnya singgasana besi tersebut dibuat kurang dari 200 pedang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x