Mohon tunggu...
Doddy Salman
Doddy Salman Mohon Tunggu... pembaca yang masih belajar menulis

manusia sederhana yang selalu mencari pencerahan di tengah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Membaca Pertemuan Jokowi, Megawati dan Prabowo

24 Juli 2019   07:11 Diperbarui: 24 Juli 2019   09:41 784 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca Pertemuan Jokowi, Megawati dan Prabowo
gardaindonews.com

Jika tidak ada aral melintang Rabu ini Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto akan bertemu. Kabar santer yang beredar pertemuan ketiga tokoh politik ini akan dilaksanakan di kediaman Presiden Ke-5 Indonesia itu di kawasan Teuku Umar Jakarta Pusat. 

Jika terlaksana besar kemungkinan pertemuan ini merupakan kelanjutan pertemuan antara dua kandidat pemilihan presiden 2019 Joko Widodo dan Prabowo Subianto di kereta MRT 13 Juli lalu.

Besar kemungkinan pertemuan dilaksanakan tengah hari sembari menyantap makan siang. Sejak Jokowi berkuasa makan siang menjadi acara penting dalam percaturan politik Indonesia. 

Harus diakui sudah lama meja makan  menjadi ruang diskusi keluarga Indonesia. Meskipun sudah banyak pula keluarga Indonesia yang tidak mempraktekkan hal ini.

Pada dasarnya kita tidak bisa sempurna membaca pertemuan ketiga orang ini. Utamanya karena tidak mengetahui rinci isi pembicaraan mereka. 

Namun demikian berdasarkan latar belakang peristiwa dan konteks pertemuan maka pemaknaan peristiwa itu masih bisa kita lakukan. 

Sebagian orang mungkin lebih senang memandang peristiwa ini dengan perspektif panggung depan panggung belakang. Panggung depan adalah semua hal yang tampak dan terucapkan dihadapan publik. Sedangan panggung belakang sebaliknya.

Ada pula yang melihat suatu peristiwa berdasarkan perspektif yang hadir (presence) dan yang tidak hadir (absence). Perspektif ini lebih luas dan mencakup banyak hal.

 Termasuk misalnya yang diingat dan yang dilupakan. Dengan keluasan persoalan yang dilihat diharapkan ada benang merah yang menjadi pemahaman persoalan. 

Perspektif ini juga berusaha keluar dari perspektif dominan yang biasa muncul melalui media arus utama dan menjadi populer. Dengan prespektif ini kesadaran bahwa persoalan adalah kumpulan ragam masalah sejak awal telah disadari. Perspektif inilah bacaan atas pertemuan Teuku Umar dilakukan.

Pertemuan Teuku Umar hari ini, kalau boleh diistilahkan, terjadi antara Joko Widodo, presiden petahana dengan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dengan tuan rumah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekanoputri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN