Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Konsultan tertulis astrologi/palmistri, kadang penjual numismatik, di kala sengggang menulis masalah arkeologi, sejarah, museum, budaya, numismatik, astrologi, dan palmistri

Arkeolog pejuang mandiri yang mencari nafkah lewat astrologi, palmistri, dan numismatik. Sering menulis di media cetak dan media daring. Beraktivitas di komunitas dan gerakan literasi. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com dan https://museumku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cari Tahu Watak dan Kehidupanmu Lewat "Nakshatra", Horoskop ala India

24 Februari 2021   07:36 Diperbarui: 24 Februari 2021   07:49 166 5 1 Mohon Tunggu...

Kalau ditanya apa bintangmu, hampir dipastikan sebagian besar akan segera menjawab. Ramalan Bintang atau dengan nama lain, banyak terdapat pada media-media cetak maupun daring. Cancer, Leo, dan Scorpio, misalnya, merupakan 'bintang' yang dimaksud. Horoskop atau Astrologi Barat mengenal 12 'bintang' berdasarkan tanggal dan bulan kelahiran. Lihat tulisan sebelumnya [di sini].

Begitu juga kalau ditanya apa shiomu. Pasti sebagian besar tahu. Shio atau ramalan zodiak hewan dikenal dalam Astrologi Tiongkok. Perhitungan shio berawal dari Tahun Baru Imlek. Tahun ini dikenal sebagai Tahun Kerbau. Jadi anak yang dilahirkan mulai 12 Februari 2021 hingga satu hari menjelang Tahun Baru Imlek berikutnya bershio Kerbau.

Ramalan umum (dokpri)
Ramalan umum (dokpri)
"Nakshatra"

Bagaimana kalau ditanya apa "nakshatra"-mu? Hampir dipastikan sebagian besar belum paham. "Nakshatra" dikenal dalam Astrologi India atau Vedic Astrology. Di Indonesia, Astrologi India belum populer.  Semoga horoskop ala India ini bisa dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

"Nakshatra" adalah istilah yang menunjukkan waktu kapan Anda dilahirkan, singkatnya "bintang kelahiran". Dalam Astrologi India, "nakshatra" mengacu kepada 27 kelompok bintang yang spesifik dalam konstelasi-konstelasi yang terletak di sepanjang garis edar Matahari (ekliptika). Semua planet, termasuk Bulan dan Matahari, melewati ekliptika dan menyatu dengan salah satu dari 27 "nakshatra". Menurut terminologi astronomi modern, "nakshatra" adalah 'rumah Bulan' (lunar mansions).

Kalau dalam Astrologi Barat, tanda-tanda zodiak itu menunjukkan posisi Matahari, maka dalam Astrologi India "nakshatra" menunjukkan posisi Bulan. Astrologi Barat mengenal 12 rasi, sementara  Astrologi India mengenal 27 rasi.  "Nakshatra" pertama, Ashvini (Ashwini), diakhiri "nakshatra" ke-27  Revati (Rewathi). Lihat lebih lengkap [di sini}. 

Seperti halnya Horoskop Barat yang berdasar pada tanda Matahari--padahal masih ada 11 planet lain seperti Bulan, Yupiter, dan Uranus---"nakshatra" juga hanyalah sebagian dari perhitungan Astrologi India.  Sejak lama "nakshatra" mampu memberi informasi tentang watak, kehidupan, dan nasib seseorang.   

Sebelum dikenal internet, mencari "nakshatra" cukup sulit. Ada hitungan-hitungan tertentu yang hanya dipahami segelintir orang. Sejak berkembang dunia digital, mencari "nakshatra' cukup mudah dan cepat. Kita bisa mengetikkan kata "nakshatra calculator" pada mesin pencari. Dari laman tersebut, kita harus memasukkan data kelahiran berupa  tanggal, bulan, tahun kelahiran, dan jam lahir. Selain itu tempat kelahiran.

Kalau Anda tidak mau repot, silakan klik [mencari nakshatra].

Hasil perhitungan yang sudah diprogram itu, tentu saja cukup menghibur dan memberi informasi. Ambil yang positif dan usahakan perbaiki yang negatif. Ayo cari tahu watak dan kehidupanmu lewat "nakshatra".

Kalau "nakshatra"-mu sudah diketahui atau dicari, lihatlah tabel berikut. Ada ramalan umum, profesi, dan penyakit yang harus diwaspadai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN