Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kondisi Gambar Cadas Tertua di Dunia di Maros (Sulawesi Selatan), Buruk karena Iklim dan Manusia

13 Desember 2019   12:27 Diperbarui: 13 Desember 2019   12:42 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mendokumentasikan lukisan gua (Foto: Ratno Sardi)

Di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua, ditemukan banyak gua kuno yang mengindikasikan pernah dihuni atau tempat aktivitas manusia purba. Kurang dari setengahnya merupakan gua yang memiliki lukisan. Secara populer disebut lukisan gua atau gambar cadas, yang bahasa internasionalnya rock art.

Adanya gambar cadas menjadi bukti kehadiran manusia pada masa prasejarah. Masa prasejarah berlangsung amat panjang, yakni sebelum manusia mengenal tulisan. Tulisan sendiri mulai dikenal pada abad ke-5 Masehi, sejak temuan prasasti yupa dari Kalimantan Timur.

Temuan gambar cadas tertua di dunia diperkirakan berumur 44.000 tahun, berasal dari Maros, Pangkep (Sulawesi Selatan), tepatnya Gua Leang Bulu' Sipong 4. Di gua itu tim arkeologi Indonesia yang berkolaborasi dengan Griffith University Australia menemukan gambar unik berupa figur pemburu dalam bentuk therianthropes sedang menangkap enam mamalia yang melarikan diri, yakni dua ekor babi rusa dan empat ekor anoa. Boleh dibilang therianthropes merupakan makhluk setengah manusia setengah hewan. Begitulah cerita Adhi Agus Oktaviana, arkeolog muda dari Pusat Penelitian Arkeologi Indonesia yang sering meneliti gambar cadas.

Berbagai bentuk lukisan gua (Foto: Ratno Sardi)
Berbagai bentuk lukisan gua (Foto: Ratno Sardi)
Ceruk dan tebing

Selain pada gua, tinggalan manusia purba terdapat pada ceruk dan tebing. Pada gua, lukisan prasejarah terdapat pada dinding dan langit-langit gua. Gambar-gambar tersebut terdeposit bersama dengan benda-benda lain seperti wadah dan sampah dapur di permukaan dan pelataran gua. Inilah yang menunjukkan masyarakat sudah menetap pada tempat tersebut. Berarti mereka tidak hidup berpindah-pindah lagi.

"Lukisan therianthropes itu merepresentasikan bukti tertua tentang kapasitas otak manusia untuk memahami hal-hal yang berada di luar nalar sebagai bentuk konsep dasar keberadaan agama modern," demikian Prof. Brumm dari Griffith University.

Umur therianthropes di Sulawesi ditafsirkan lebih tua daripada manusia singa yang ditemukan di Jerman. Kalau therianthropes berumur 44.000 tahun, manusia singa berumur 40.000 tahun.

Berbagai bentuk lukisan gua (Foto: Ratno Sardi)
Berbagai bentuk lukisan gua (Foto: Ratno Sardi)
Kerusakan

Survei seni cadas yang dilakukan Adhi Agus Oktaviana bersama Prof. Brumm dan Prof. Aubert dari Australia telah menyingkap banyak situs baru. Banyak lukisan tergolong spektakuler namun belum diteliti lebih lanjut. Tentu menunggu gelontoran dana dari pemerintah kita. Akan ironis kalau kita cuma menunggu bantuan dari Australia atau pemerintah negara lain.

Pada survei lalu saja banyak lukisan prasejarah mengalami kerusakan, dari kecil hingga besar. Menurut Pak Rustan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, banyak lukisan gua mengalami pengelupasan sehingga akan membahayakan tinggalan-tinggalan purba tersebut. Jelas akan menjadi tragedi yang luar biasa bila karya seni purba itu hilang dalam kehidupan.

Kondisi lukisan purba tersebut memburuk karena kondisi iklim. Zaman dulu sewaktu dibuat, kondisi iklim masih bersahabat. Namun dengan adanya pemanasan global, iklim sering berubah-ubah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun