Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Penulis Arkeologi/Museum, Numismatis, Komunitas, Pemerhati Astrologi/Palmistri

Lulusan Arkeologi UI, pejuang mandiri, penulis artikel, pegiat komunitas, kolektor (uang dan prangko), dan konsultan tertulis (astrologi dan palmistri). Memiliki beberapa blog pribadi, antara lain https://hurahura.wordpress.com dan https://museumku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Koin Rp 1.000 yang Ditawarkan Jutaan, Di Mata Numismatis Hanya Berharga Ribuan

28 April 2018   18:08 Diperbarui: 28 April 2018   18:14 0 3 1 Mohon Tunggu...
Koin Rp 1.000 yang Ditawarkan Jutaan, Di Mata Numismatis Hanya Berharga Ribuan
Koin kelapa sawit dari berbagai emisi (Dokpri)

Masih saja banyak warga yang ngeyel, ingin menjual koin Rp1000 bergambar kelapa sawit dengan harga mahal. "Koin ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi loh," kata seorang perempuan. "Saya lihat di online dijual Rp6 juta, khusus untuk bapak saya jual Rp5 juta saja," kata seorang lelaki.

Sebagai numismatis atau kolektor mata uang, tentu saja saya hanya bisa geleng-geleng kepala. Sejak lama memang banyak warga selalu menganggap uang lama berharga tinggi. Padahal di mata numismatis, harga sebuah koleksi tergantung tingkat kondisi atau grade. Artinya apakah kondisi uang itu mengkilap, agak kotor, ada goresan, dan sebagainya. 

Patokan harga pun sudah terdapat dalam buku katalogus. Biasanya ada tiga kondisi yang termuat dalam buku itu. Sebagai contoh, taruhlah yang kondisi "prima" berharga Rp200.000. Mungkin saja yang kondisi "bagus" Rp175.000 dan kondisi "lumayan" Rp100.000 untuk jenis uang yang sama.

Koin kelapa sawit (Foto: bi.go.id)
Koin kelapa sawit (Foto: bi.go.id)
Bimetal

Koin kelapa sawit, begitulah para numismatis menyebut, memang unik. Koin ini terbuat dari dua bahan, sehingga disebut bimetal. Logam yang digunakan perunggu dan nikel. Pertama kali koin ini terbit pada 1993 dan terakhir pada 2000.

Koin ini memiliki berat 8,60 gram dengan ketebalan 2,40 milimeter. Diameter bagian luar 26 milimeter dan diameter bagian dalam 18 milimeter. Tulisan "kelapa sawit" terdapat pada satu bagian. Di sebelahnya terdapat gambar Garuda Pancasila.

Luar biasa

Entah siapa yang menyebarkan "mitos" koin kelapa sawit sehingga berharga tinggi. Lihat saja iklan-iklan di situs-situs jual beli. Ada yang menawarkan Rp1 juta, bahkan Rp5 juta hingga Rp14 juta. Karena iklan seperti inilah banyak warga ikut-ikutan ingin kaya mendadak.

Soal "kehebatan" koin kelapa sawit juga ditulis beberapa media daring dan media cetak. Media elektronik seperti televisi pun ikut-ikutan menampilkan berita. Namun menurut berita beberapa media, tampaknya belum ada orang yang membeli koleksi yang ditawarkan.

"Sementara beberapa penjual memasang harga lebih murah. Bahkan ada penjual yang memasang harga cuma Rp2.000-an sekeping. Akibatnya sudah banyak yang memesan dan memberikan ulasan," demikian rangkuman dari sejumlah media daring. Yah memang harga sekeping paling ribuan rupiah.

Berbagai harga dan berita tentang koin kelapa sawit diambil dari google
Berbagai harga dan berita tentang koin kelapa sawit diambil dari google
Cerita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x