Mohon tunggu...
Djamaludin Puluhulawa
Djamaludin Puluhulawa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Gorontalo

Sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Psikologi Pendidik dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah

5 Desember 2022   20:50 Diperbarui: 3 Januari 2023   11:19 467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Djamaludin Puluhulawa 1, Novianty djafti 2

Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

The achievement of the effectiveness of the educational process carried out through the observation of the behavior of certain individuals aimed at discovering various educational facts, generalizations and theories obtained through certain scientific methods is a definition of educational psychology proposed by Pupu Saeful Rahmat, (Rahmat, 2018). Based on this, it is important for an educator to understand educational psychology in the learning process. 

Based on this description, this study aims to find out the role of educator psychology in the learning process, including the psychology of educators, the scope of educational psychology and the importance of teachers understanding educational psychology. This writing uses a literature study method (library research) through secondary data. 

Educators are expected to better understand educational psychology in order to form a good character of educator psychology and can improve the quality of education. This research is entirely based on the results of analysis, secondary data that can be trusted and used as a source of thought, analysis from various leading literature studies, print and online media which ultimately emerges an idea that educators are agents of civilization who are able to penetrate and create community culture in a more positive direction.

Keywords: Psychology, Educator, Educational Psychology, Teaching and Learning Process.

Abstrak

Pencapaian efektivitas proses pendidikan yang dilakukan melalui pengamatan perilaku individu tertentu yang bertujuan untuk menemukan berbagai fakta pendidikan, generalisasi dan teori yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu merupakan definisi dari psikologi pendidikan yang dikemukakan oleh Pupu Saeful Rahmat, (Rahmat, 2018). Berdasarkan hal tersebut pentingnya seorang pendidik memahami psikologi pendidikan dalam proses pembelajarannya. Bedasarkan uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran psikologi pendidik dalam proses pembelajaran, meliputi psikologi pendidik, ruang lingkup psikologi pendidikan dan pentingnya guru memahami psikologi Pendidikan.

Penulisan ini menggunakan metode studi literatur (library research) melalui data sekunder. Pendidik diharapkan lebih memahami psikologi pendidikan agar membentuk karakter psikologi pendidik yang baik dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini seutuhnya berdasarkan dari hasil analisis, data-data sekunder yang dapat dipercaya dan dijadikan sumber pemikiran, analisis dari berbagai studi literatur terkemuka, media cetak maupun online yang pada akhirnya muncul sebuah gagasan pendidik merupakan agen peradaban yang mampu membnetuk dan menciptakan budaya masyarakat ke arah yang lebih positif.

Kata Kunci: Psikologi, Pendidik, Psikologi Pendidikan, Proses Belajar Mengajar.

1.PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun