Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Posisi Menteri yang Cocok untuk Sandiaga

18 Juni 2019   16:22 Diperbarui: 18 Juni 2019   16:40 0 8 3 Mohon Tunggu...
Posisi Menteri yang Cocok untuk Sandiaga
Jempol Sandiaga Pertanda Merapat ke 01? (Sumber: merdeka.com)

Rumor bakal masuknya Sandiaga sebagai perwakilan oposisi masuk ke bursa calon menteri semakin nyaring terdengar. Selain dalam rangka rekonsiliasi dan kompromi, karakter Sandi juga tampaknya cocok untuk bekerja di bawah Jokowi, dan berpotensi besar untuk menjadi penerus beliau lima tahun mendatang. Beberapa Kompasianers bahkan sudah membahasnya dalam tulisan yang ditayangkan selama seminggu terakhir. Namun tentunya tidak sembarangan kementerian yang bakal ditawarkan kepada beliau. 

Untuk memegang posisi menteri, tentu tidaklah cukup hanya menjadi perwakilan partai saja, tapi juga harus memiliki latar belakang dan pengalaman yang mumpuni di bidangnya. Hal ini penting agar kabinet dapat berjalan sesuai visi misi presiden dan bisa bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain terkait, tidak sekedar bagi-bagi kursi semata.

Lalu, posisi menteri apakah yang cocok buat Sandiaga?

Melihat latar belakangnya sebagai pengusaha, ada beberapa kementerian yang cocok dipimpin oleh Sandiaga, antara lain:

1. Kementerian Perdagangan

Keberadaan Sandiaga di kementerian ini diharapkan dapat menyeimbangkan defisit perdagangan yang selalu berada pada posisi negatif, artinya lebih banyak impor daripada ekspor. Sandiaga harus mampu memperketat produk impor yang masuk dan meningkatkan ekspor barang dari Indonesia ke negara lain. Hal ini juga diperlukan untuk memperkuat mata uang Rupiah yang tak pernah menguat signifikan, salah satunya karena defisit perdagangan yang semakin melebar.

2. Kementerian Perindustrian

Posisi Sandiaga di Kementerian Perindustrian diharapkan dapat memacu pertumbuhan produk dalam negeri, serta melobi para industriawan besar untuk kembali membuka pabriknya di Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan yang memindahkan pabriknya ke luar Indonesia karena lebih murah biaya buruh dan transportasinya. Oleh karena itu Sandiaga diperlukan untuk menarik kembali industri-industri besar yang kadung membuka pabriknya di luar untuk kembali berinvestasi di Indonesia.

3. Kementerian Koperasi dan UKM

Niat Sandiaga untuk memajukan kewirausahaan di Indonesia patut diapresiasi dengan mengangkatnya menjadi Menkop UKM. Ide-ide beliau untuk mendorong tumbuhnya wirausaha dapat disalurkan melalui berbagai program dalam kementerian tersebut. Apalagi basis Sandiaga sebagai pengusaha tentu dapat menularkan pengalamannya mengelola perusahaan tentu berguna dalam mengembangkan ribuan start-up baru di negeri ini. Dengan menjadi menteri, OK-OCE tidak sekedar menjadi slogan belaka tapi bisa langsung dieksekusi mengingat anggarannya lebih besar dan lebih leluasa ketimbang sewaktu masih di DKI Jakarta.

4. Kementerian ESDM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x