Mohon tunggu...
Diyanah Sidin
Diyanah Sidin Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan swasta

Anak Humas di UPI YAI. InsyaAllah akan jadi HUMAS, kalo udah wisuda. Jadi Humas beneran....wkwk

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Balsem Lang Sahabat Karib Kerokan Solusi Masuk Angin

5 November 2017   12:54 Diperbarui: 5 November 2017   22:59 1246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://shopee.co.id

Hidup di kota metropolitan Jakarta ini, masyarakat dituntuk untuk cepat dalam bertindak dan rajin. Jakarta adalah kota sibuk, tidak berhenti sampai pukul 00.00 WIB. Jakarta tidak butuh orang yang hanya bisa bekerja namun butuh orang yang bisa bertahan hidup dengan kerja kerasnya.

Semua orang beraktivitas, bahkan diantara masyarakat Jakarta memiliki aktivitas yang tidak hanya bekerja di kantor, kuliah, sekolah, jualan, driver online bahkan banyak aktivitas sehari-hari yg lakukan. Bisa dibilang mereka memiliki aktivitas ganda demi bertahan hidup. Mau tidak mau, hal yg perlu dibutuhkan adalah badan harus tetap bugar untuk terus bekerja keras demi menggapai hidup bahagia di Jakarta.

Seperti hal Gw sendiri, Gw adalah masyarakat Jakarta yang memiliki aktivitas ganda demi mempertahankan hidup di Jakarta, dimana Gw pagi jadi admin kantor di sebuah perusahaan swasta jakarta dan malem saya harus jadi mahasiswa. Capek sekali rasanya..

Setiap hari aktivitas Gw lalu seperti itu dan sepeda motor yg menemani berangkat dan pulang. Capek rasanya, tangan pegel malah 2 jari tengah kanan dan kiri kapalan, belum lagi rasa dingin karena angin. Ngilu badan rasanya, padahal sudah pake jaket lumayan tebal tetap bikin badan kedinginan. Apalagi angin malam saat pulang kuliah.  

Suatu ketika, sepulang kuliah Gw ngerasa badan gak enak, kepala pusing, mau muntah tapi susah. Memang sudah ngerasain pas di kampus, "ini badan kok ga enak, ga seperti biasanya". Akhirnya sampailah dirumah,  gw info ke Ibu, "bahwa badan Gw  ga enak, kepala pusing. Kenapa ya? Ada obat ga ya ma'? trus Ibu Gw Jawab itu kecapekan kan kerja sambil kuliah kena angin itu mah masuk angin. Jadi efeknya ke kepala pusing. Di kerokin dulu jangan minum obat, nanti setelah di kerokin pas mau tidur pake Balsem Lang di perut dan jidad kepala nya. Nanti pas bangung tidur pasti badan sehat lagi, jangan dikit-dikit minum obat ya.

Info sedikit mengenai kerokan, Kerokan (Tionghoa: ; Pinyin: gu sh) adalah sebuah terapi pengobatan alternatif untuk gejala masuk angin untuk menggosok bagian punggung. (https://id.wikipedia.org/wiki/Kerokan)

Rasanya sakit sekali dkerokin, walaupun sudah tahu bagaimana alur dikerokin. Tapi mau bagaimana daripada besok tambah tepar karena masuk angin doang. Yaa sudah lah. Tapi alhasil, walau sakit ini mujarab banget, bener kata emak jadul Gw, badan mendingan dan kepala pusing hilang. Karena kerokan dan di kasih Balsem Lang. 

Tradisi di rumah gw itu masih sangat tradisional sekali, ibu gw adalah kelahiran tahun 1953 jadi ketika dia lihat anaknya pusing bukan obat pusing yg di kasih tapi minuman gula merah campur asem, trus kalo anaknya keseleo bukan parem di toko dia beli tapi di tumbuk beras kencur untuk ditempel ke kaki anaknya. Apalagi masalah masuk angin, dia ga akan ragu buat kerokin pake koin dan minyak campur Balsem Lang. Walaupun badan Gw gerak-gerak karena kesakitan, Ibu Gw tetap "asyik" ngerok-ngerok katanya biar anginnya keluar dari badan Gw.

setelah dikerokin anaknya biasanya suruh minum air anget terus di perut di kasih Balsem Lang dikepalanya. Jadi untuk masalah sakit ibu gw akan cari solusi tradional dulu ketimbang obat dokter. Ibu Gw bilang " jangan malu kalo badannya dikerokin dan ada tato merah panjang, daripada anginnya nya ga keluar dan tambah parah", Gw mah nurut ajah walau besok kerja nanti di cengin gara-gara kerokan. Hahahaha

Balsem Lang solusi modern gaya tradional..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun