Mohon tunggu...
Diyah
Diyah Mohon Tunggu... Future Entrepreneur and Lecturer

Dream, Believe and Make it Happen

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Mandiri Jogja Marathon, Lebih dari Sekadar Marathon

21 Mei 2019   22:30 Diperbarui: 21 Mei 2019   23:02 0 1 1 Mohon Tunggu...
Mandiri Jogja Marathon, Lebih dari Sekadar Marathon
sumber : IG kontannews

Tak diragukan lagi kota Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan menyuguhkan berbagai keindahan, baik keindahan alam atau budayanya. Sehingga, tak heran jika Yogyakarta merupakan salah satu identitas negeri ini. 

Selain itu, Yogya terkenal dengan kearifan lokal dan budayanya yang sangat khas dan kental. Terbukti ketika saya mendapatkan kesempatan untuk berkerja di kota Yogya, saya sangat terkesima dengan semua yang disuguhkan, mulai dari keramahan dari masyarakatnya, wisatanya, bahkan dari kulinernya. Terlebih lagi ketika saya mendengar ada trobosan program baru yang telah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut, membuat semakin rindu akan kota romantis ini.

Apa sih program terbaru itu ? 

Mandiri Jogja Marathon ini telah sukses dilakukan sebanyak tiga kali mulai dari tahun 2017. Event ini merupakan lomba Full Marathon, Half Marathon, 10 Km, dan 5 Km yang diadakan di Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kelebihan marathon ini dibandingkan marathon yang lain adalah marathon dari mandiri ini  berskala internasional yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia. Sehingga, kenaikan peserta bisa sampai 20% hingga 30%. Terbukti pada tanggal 28 April tahun 2019 peserta berada di angka 7.500 dari awal mulai dilaksanakan pada tahun 2017 yang masih 5.800 peserta.

sumber : lariku.info (peserta marathon)
sumber : lariku.info (peserta marathon)

Lalu, kenapa harus ikut Mandiri Jogja Marathon ? Apa sih keuntungnya ? 

Peluncuran pencarian referensi baik langsung maupun tidak langsung telah saya gencarkan karena rasa keinginan tahuan yang tinggi tentang program Mandiri Jogja Marathon yang sangat fenomenal keuntungannya. 

Mandiri memang telah terkenal secara profesional dalam pembuatan program marathon, seperti halnya Mandiri Jakarta Marathon, sehingga sudah tak diragukan lagi jika awal peluncuran hingga sekarang kehadiran program Mandiri Jogja Marathon sangat dinanti-nantikan karena memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :

  • Berpeluang mendapatkan hadiah

Ada empat macam dari lomba Mandiri Jogja Marathon ini dan keempatnya memberikan kesempatan hadiah kepada pelari. Penilaian pemenang dilakukan dengan kecepatan peserta dalam sampai di garis finish. Catatan waktu (gun-time) berdasarkan hasil sistem pencatatan waktu resmi yang dilakukan oleh panitia.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Pelari dengan jarak tempuh 5K memiliki kesempatan mendapatkan hadiah (juara 1 : Rp 5.000.000, juara 2 : Rp 3.000.000, juara 3 : Rp 2.000.000). Sedangkan, untuk jarak tempuh 10K (Juara 1 : Rp 15.000.000, Juara 2 : Rp 7.500.000, Juara 3 : Rp 5.000.000). Kemudian, untuk half marathon akan mendapatkan hadiah (Juara 1 : Rp 25.000.000, Juara 2 : Rp 15.000.000, Juara 3 : 10.000.000), dan yang paling berat adalah full marathon (Juara 1 : Rp 50.000.000, Juara 2 : Rp 25.000.000, Juara 3 : Rp 15.000.000). Menariknya hadiah akan diberikan laki-laki dan perempuan di setiap kategori jarak lomba.                             
  • Memiliki Gaya Hidup Sehat 

sumber : kompas olahraga
sumber : kompas olahraga
Kehadiran program  fun ini menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengurangi kebiasaan buruk orang Indonesia, dimana Indonesia merupakan negara paling malas sedunia karena tercatat orang Indonesia hanya menghabiskan langkah 3.513 per hari. Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti di Universitas Stanford dengan menggunakan data menit per menit dari Argus-aplikasi, yaitu pemantau aktivitas pada telepon seluler.

Padahal malas bergerak memiliki berbagai macam resiko penyakit bahkan sampai kematian. Menurut informasi dari hellosehat.com, orang yang malas bergerak akan mengalami penurunan kosentrasi, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung, gangguan fungsi kognitif, menyebabkan resistensi insulin, dan memicu osteoporosis. Menakutkan bukan, bukankah kita hidup di dunia memimpikan memiliki kehidupan yang panjang dan sehat,  maka tidak ada alasan lagi untuk tidak hidup sehat.

Berolahraga merupakan hal yang paling wajib untuk dilakukan di era yang serba digital ini, karena kita telah banyak dimanjakan oleh berbagai teknologi yang mengakibatkan kita malas bergerak. Mengagendakan olahraga bersama dapat dijadikan alternatif untuk lebih efektif untuk menjadikan tubuh lebih sehat. Alternatif kegiatan marathon dapat dipilih, karena dengan berlari memiliki beberapa keuntungan :

1. Menjadikan lebih bahagia

Menurut sebuah penelitian, lari dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid, dimana tugas hormon ini menjadikan kita bisa lebih bahagia atau senang. Hormon endocannabinoid ini juga memiliki efek yang sama seperti saat tubuh merespon rangsangan cannabis atau ganja. Uniknya hormon tersebut memiliki euforia yang lebih kuat dibandingkan endorfin. Endorfin hanya diproduksi bagian tertentu, sedangkan endocannabinoid dapat diproduksi di berbagai sel tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Lari merupakan olahraga kardio yang dapat membakar lemak secara cepat. Sehingga, lari membantu mengurangi berat berlebih dan menjaga berat badan secara konsisten. Uniknya tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah kita menyelesaikan lari, jadi kita bisa bebas memiliki mau lari cepat atau lambat sesuai dengan kemampuan tubuh kita.

3. Menajamkan otak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2