Mohon tunggu...
Diva Najmah Auliya
Diva Najmah Auliya Mohon Tunggu... Life goes on

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (20107030009)

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Puasa Sambil Diet? Ini Dia Tipsnya!

18 April 2021   15:45 Diperbarui: 18 April 2021   16:13 204 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puasa Sambil Diet? Ini Dia Tipsnya!
foto: hellosehat.com

Di bulan Ramdhan ini tak sedikit orang-orang yang berniat untuk menjadikan bulan ramadhan sebagai waktu yang tepat untuk diet dan menurunkan berat badan. Karena di bulan Ramadhan ini umat muslim di wajibkan untuk berpuasa dengan menahan nafsu makan dan minum selama kurang lebih 13 jam, maka dari itu banyak orang yang menggunakan bulan Ramadhan sebagai bulan yang juga untuk hidup jauh lebih sehat.

Namun tentu ada juga yang malah menjadikan waktu berbuka sebagai waktu untuk balas dendam, maka makanan pun tidak di control dan menjadikan berat badan malah semakin bertambah setelah selesai berpuasa. 

Maka dari itu jika kita ingin diet di bulan ramadhan, usahakan diet yang konsisten dan sangat di utamakan untuk diet menggunakan sistem yang sehat, karena kesehatan tetap nomor satu. Untuk apa berat badan menurun namun kesehatan malah semakin memburuk?

Jadi bagaimana sih diet yang bagus saat di bulan Ramadhan? Di sini saya akan memberikan tips-tips diet yang baik dari SKUAD Fitness.

1. Kurangi Asupan Kalori

Umumnya kalori yang kita butuhkan berkisar dari 1.900 -- 2.100 kalori, maka dari itu buat teman-teman yang mau diet kalian bisa kurangi jumlah konsumsi kalori harian kalian, semisal kebutuhan kalori kamu 2.100 kalori, maka kamu bisa menguranginya secara bertahap dari mulai 200 kalori perhari dan bisa sampai 500-600 kalori yang di kurangi perharinya.

Diet seperti ini juga bisa disebut sebagai deficit kalori. Tak sedikit orang-orang yang mencoba diet model ini dan berhasil asalkan mereka bersungguh-sungguh dan tetap konsisten untuk menjalankannya.

Gimana sih cara menghitung kalori dari makanan yang kita konsumsi?

Di zaman sekarang semua mudah di dapat dan sudah banyak tersedia, kalian bisa membeli timbangan kalori atau kalian bisa juga menginstal aplikasi penghitung kalori harian di handphone, contohnya seperti yang saya pakai adalah aplikasi FatSecret dan masih banyak aplikasi lainnya.

Maka sambil berpuasa maka biasanya diet seperti ini cukup mudah di lakukan, ingat buka puasa hanya seperlunya saja yaa, jangan sampai berlebihan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x