Mohon tunggu...
Diva Najmah Auliya
Diva Najmah Auliya Mohon Tunggu... Life goes on

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (20107030009)

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Empal Gentong H Apud, Rumah Makan Legend di Cirebon

15 April 2021   15:27 Diperbarui: 15 April 2021   20:24 243 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empal Gentong H Apud, Rumah Makan Legend di Cirebon
dokumen pribadi

Orang Cirebon pasti tahu seberapa ramai rumah makan ini, namanya rumah makan "Empal Gentong H. Apud". Setiap harinya rumah makan ini selalu ramai dipenuhi pengunjung dari berbagai kota di Indonesia hingga sering membuat jalan di sekitarnya macet.

Beberapa hari sebelum Ramadhan saya berkesempatan mendatangi cabang pertama Empal Gentong H. Apud yang bertempat di Jl. Tuparev No.43B, Sutawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat

Walaupun ini bukan pusatnya namun tetap saja ramai pengunjung, apalagi saya datang pada jam makan siang, mobil-mobil terjejer penuh, bisa terbayangkan ramainya seperti apa.

Sesampainya di sana saya juga berkesempatan berbincang-bincang dengan Pak Husen, yaitu putra kedua H. Apud sekaligus owner dari Empal Gentong H. Apud cabang satu.

Menurut Pak Husen, Empal Gentong H. Apud sudah berdiri sejak tahun 1994 dan namanya mulai booming pada saat tahun 2010 setelah Pak Apud pulang dari ibadah Haji, dan memang sedari dulu menu yang di jual adalah empal gentong dan makanan-makanan khas Cirebon, jadi tidak berubah.

Saat ini Empal Gentong H. Apud sudah memiliki dua cabang dan keduanya berada di Cirebon. Pusatnya terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat, dan siap-siap sajauntuk yang ingin mampir ke pusatnya teman-teman harus siap sabar, karena di pusatnya ini selalu ramai dipenuhi banyak orang.

Untuk yang cabang satu yaitu yang saya datangi bertempat di Jl. Tuparev No.43 B, Sutawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat dan sudah 6 tahun berdiri sedangkan untuk yang cabang dua ada di daerah Trusmi.

"Semua Empal di rumah makan Empal Gentong H. Apud ternyata dimasak pada dapur yang sama yaitu berada di pusatnya. Jadi tiap cabang tidak mengubah rasa keasliannya dari dapur pertama" Tutur pak Husen

Bahkan Bapak Jokowi pun pernah menyambangi rumah makan ini, karena penasaran dengan rasanya.

"Kami bisa menghabiskan 900 mangkok empal setiap harinya sedangkan saat weekend dan hari libur Empal Gentong H. Apud  ini bisa menghabiskan 1.200 sampai 1.500 mangkok empal perharinya" tambah Pak Husen.

Tapi tetap tentu saja di masa pandemi seperti ini juga sangat berdampak bagi Rumah Makan Empal Gentong H. Apud yang biasanya sangat ramai ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN