Mohon tunggu...
Diva AzzahraSalsabila
Diva AzzahraSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswi

Yuk membaca!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apa Itu Neurotransmitter?

28 Februari 2021   20:26 Diperbarui: 28 Februari 2021   21:08 65 0 0 Mohon Tunggu...

Neurotransmitter merupakan suatu senyawa yang berapa di dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan antara satu sel saraf ke sel saraf lainnya seperti di otot, kelenjar, dan bagian lain yang berapa pada dalam tubuh. Mari kita bahas sebagian neurotransmitter yang dikenal oleh banyak orang.

1.Serotonin

Serotonin merupakan hormon yang dimiliki oleh semua orang. Hormon ini berhubungan erat dengan suasana hati terutama kegembiraan. Namun, tidak hanya berhubungan dengan suasana hari melainkan juga berfungsi pada tubuh yang lainnya seperti pada pencernaan. Ini adalah salah satu hal yang menyebabkan rasa kantuk setelah makan. Dan perlu di ingat bahwa hormon ini keluar secara alami. Ada juga beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan hormone serotonim pada tubuh seperti telur, ikan salmon, tahu, dan kacang -- kacangan atau biji -- bijian.

2.Dopamin

Dopamin berupa senyawa kimiawi yang terletak di otak. Hormon ini sangatlah mempengaruhi aktivitas manusia. Seperti saat manusia menggerakkan tubuhnya hingga pada kemampuan dalam menggingat sesuatu. Hormon ini juga terkenal sebagai hormone yang mengendalikan emosi. Jadi, jika hormon ini meningkat maka orang tersebut akan merasakan suasana hati yang gembira tetapi jika orang tersebut kekurangan akan hormon ini maka orang tersebut akan merasakan suasana hati yang buruk. Hingga dapat meningkatkan resiko depresi yang terjadi pada manusia.

3.Asetikolin

Asetikolin adalah senyawa yang membawakan sinyal di sekitar neuron. Lalu akan menstimulasika otot agar dapat berkonsentrasi untuk memberikan sinyal dari sel satu ke sel yang lainnya. Banyak yang menganggap Asetikolin sangatlah penting untuk menangkap memori. Banyak juga makanan yang dapat meningkatkan Astikolin pada diri manusia seperti daging, ikan, telur, sayur sayuran dan lainnya.

4.Norepinephrine

Nerepinephrine merupakan obat yang berguna untuk mengobati orang yangmemiliki tekanan darah rendah parah yang memiliki potensi mengancam nyawa bagi penderitanya. Banyak orang yang berkata bahwa Kondisi ini dikenal dengan istilah syok, dan bisa menyebabkan turunnya fungsi organ - organ tubuh, dan lebih parahnya lagi hingga tidak berfungsi sama sekali. Pada saat kondisi orang syok, ter khusus akibat sepsis. Norepinephrine diberikan agar bagian porsi darah menuju organ manusia tetap terjaga.

Hormon adalah suatu zat yang dapat terbentuk di bagian tubuh tertentu. Biasanya hormon tersebut berada pada jumlah kecil lalu dibawa ke jaringan tubuh yang lainnya. Disetiap jaringan hormon tersebut pasti memiliki pengaruh sendiri terhadap aktivitas yang dikerjakan pada sel -- sel tubuh tersebut. Hormon biasanya dihasilkan di otak maupun di luar otak. Organ tubuh tersebut dapat mengerluarkan hormon yang kemudian hormon tersebut masuk ke dalam aliran darah manusia menuju ke tempat dimana hormon itu akan bekerja sesuai dengan fungsinya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x