Mohon tunggu...
Dita AyuSetiawan
Dita AyuSetiawan Mohon Tunggu... Mahasiswi unusa

...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sejarah, Kedudukan, Fungsi Bahasa Indonesia (Resume)

28 Oktober 2020   13:20 Diperbarui: 28 Oktober 2020   13:38 8 2 0 Mohon Tunggu...

A. SEJARAH

Bahasa Indonesia sendiri lahir pada tanggal 28 okyober 1928, Diresmikan berdasarkan UUD 1945 bab XV pasal36. Yang dimana bahasa indonesia ini menjadi bahasa nasional. Bahasa indonesia sebagai pemersatu bangsa, karena di indonesia kaya akan budaya, suku dan bahasa. Asal usul bahasa indonesia berasal dari bahasa melayu. Hasil seminar politik bahasa nasional menyebutkan bahaa bahasa nasional juga sebagai bahasa negara yang berfungsi sebagai identitas dan alat pempersatu bangsa. 

B. Kedudukan

Kedudukan bahasa indonesia menjadi urutan no 1 dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa idonesia harus benar benar di pahami oleh pemuda agar menumbuhkan jiwa patriolisme dan nasionalisme.

C. FUNGSI

Fungsi bahasa indonesia sendiri untuk mempermudah kita beriteraksi dengan suku budaya lain. Agar kita sama sama memahami apa yang dibicarakan lawan bicara. Karena bahasa indonesia ini termasuk bahasa nasional. Ada 2 jenis fungsi bahasa indonesia yaitu Interaksional dan Transaksional. Yang dimana Interaksional adalah percakapan 2 orang atau lebih untuk menyampaikan pendapat kita. Transaksional adalah membawa informasi yang lebih faktual seperti pesan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x