Mohon tunggu...
Dionisius Barai Putra
Dionisius Barai Putra Mohon Tunggu... Penulis - mahasiswa STFT Widya Sasana

olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Dua Terminologi dalam Komunikasi

3 September 2022   18:09 Diperbarui: 3 September 2022   18:24 214 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi (foto: kompas:com)

(maaf dan terimakasih)

Etika komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi yang dimaksudkan ini seperti ungkapan maaf dan terimakasih. Hal ini tidak asing lagi ditelinga kita. Namun realita yang terjadi dalam kehidupan ini bahwa komunikasi dalam dua terminologi tersebut sangat sulit diungkapkan.

Dalam buku menjadi-mencintai (berfilsafat berteologi sehari-hari) karya Armada Riyanto CM, akan mengulas lebih dalam tentang dua terminologi ini. Dua terminologi dalam komunikasi ini tidak jauh dari kehidupan kita, secara khusus dalam kehidupan sehari-hari. Namun hal ini sering kita lupakan atau bahkan kita abaikan, sebenarnya hal ini menyimpan banyak sekali makna yang sangat menyentuh hati.

Ketika kata maaf itu diungkapkan kepada teman atau orang lain atas tindakan dan perbuatan yang tidak mengenakkan mereka, maka mereka merasa mendapatkan belas kasihan. Begitu pula dengan terimakasih, dengan mengungkapkannya orang lain akan merasa mendapatkan perhatian. Dengan demikian dua terminologi ini menyimpan makna yang terdalam, maka dalam kehidupan sehari-hari dan hal ini harus dihidupi bukan diabaikan begitu saja.

Berbicara soal kata maaf, tentu kata ini sangat sederhana dan kecil. Tetapi terselubung sebuah kata yang sarat akan makna, sehingga mampu menyentuh hati. Meskipun sederhana, tetapi apakah kita mampu mengungkapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka kesadaran akan sebuah komunikasi harus ditingkatkan, sehingga orang lain merasakan kedamaian, bukan kesedihan. 

Ketika suami meminta maaf kepada istrinya, karena suaminya terlambat datang ke rumah padahal mereka sudah berjanji akan makan berdua di rumah. Sang istri akan merasakan belas kasihan yang hangat dari suaminya. 

Selain itu, ketika pengendara motor hendak memarkirkan motornya di tempat yang telah ditentukan, namun ketika tukang parkir melihatnya dan hal itu salah, pengendara tersebut meminta maaf atas perbuatan yang keliru itu. 

Namun kata maaf ini tidak hanya merujuk pada suatu kesalahan untuk pemulihan saja, tetapi dapat diungkapkan dalam banyak situasi dan kondisi. Artinya ungkapan maaf ini memberikan suatu komunikasi yang indah dalam sebuah keadaan dalam hidup sehari-hari.

Selanjutnya ungkapan terimakasih, sama halnya dengan kata maaf namun ungkapan ini beda penempatannya. Di mana ungkapan ini seolah-olah mau memberikan sebuah pemberian diri pada orang yang menerima ungkapan ini. 

Selain itu, kata ini adalah sebuah ungkapan rasa syukur atas apa yang diterima dari orang lain. Ketika kita menerima barang atau materi dari orang lain tentunya kita akan mengatakan terimakasih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan