Mohon tunggu...
Samsudin
Samsudin Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

SMK Negeri 1 Gantar Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa barat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

7 Desember 2022   12:51 Diperbarui: 7 Desember 2022   12:56 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi

SMK Negeri 1  Gantar Kabupaten Indramayu

Jl. Raya Haurgeulis-Gantar Km. 06 Telp. 0811 2430 221. Email: smkn1.gantar@yahoo.co.id

website : www.smkn1gantar.sch.id.

Lingkup Pendidikan

SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan)

Tujuan yang ingin dicapai

PPL Siklus 1

Penerapan model pembelajaran PBL berbantuan resitasi / penugasan untuk meningkatkan literasi / minat membaca peserta didik.

 

PPL Siklus 2

Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan  belajar peserta didik.

 

PPL Siklus 3

Penerapan model pembelajaran PBL berbantuan webs LMS agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi    belajar peserta didik.

 

PPL Siklus 4

Penerapan model pembelajaran PBL berbantuan Tutor Teman Sebaya agar dapat mengatasi kesulitan belajar   peserta didik.

Penulis

SAMSUDIN, S.E.

 

Tanggal

PPL Siklus 1 : 12 Oktober 2022

PPL Siklus 2 : 26 Oktober 2022

PPL Siklus 3 : 09 November 2022

PPL Siklus 4 : 23 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah PPL Siklus 1 sampai PPL Siklus 4 adalah :

Peserta didik kurang optimal dalam literasi;

Peserta didik kurang aktif dalam kegiatan berdiskusi dan masih enggan atau malu untuk menyampaikan hasil karya;

Peserta didik terlihat lesu dan tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar;

Peserta didik kesulitan dalam numerasi atau operasi hitung.

 

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena saya kira masih  ada  rekan pendidik yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami. Sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan pendidik lain.

 

Saya berperan sebagai demonstrator, motivator, fasilitator, informator dan avaluator dalam proses pembelajaran mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif, efisien, mudah difahami dan menyenangkan dengan menggunakan metode, model , strategi dan media pembelajaran yang tepat, variatif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

 

 

Tantangan yang dihadapi pada PPL Siklus 1 hingga PPL Siklus 4 adalah :

Berdasarkan analisis hasil kajian literatur dan wawancara penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah :

Metode, model dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan variatif     sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik.

Penggunaan media TIK belum efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kesulitan belajar peserta didik dalam bidang literasi.

Kesulitan belajar peserta didik dalam bidang numerasi atau operasi hitung yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

 

Berdasarkan tantangan-tantangan tersebut diatas pendidik dapat melaluinya dengan keterlibatan beberapa     pihak diantaranya :

Dosen dan Guru pamong sebagai motivator dan informator bagi pendidik sehingga mendapatkan pengetahuan tentang model, metode dan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif

Pihak sekolah sebagai penyedia sarana  dan media penunjang pembelajaran

Peserta didik berperan sebagai subjek dari proses pembelajaran.

Orang tua berperan untuk memberikan motivasi dan dukungan berupa perhatian dan kerjasama antara orangtua dan pihak      sekolah mengenai perkembangan peserta didik.

Langkah --langkah yang harus di lakukan oleh pendidik sesuai tantangan yang dihadapi pada PPL Siklus 1 sampai PPL Siklus 4, antara lain :

 

Berkaitan pemilihan model dan metode pembelajaran  yang variatif :

Strategi yang dilakukan pendidik dalam pemilihan metode dan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi.

Proses yang pertama adalah pemilihan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, menyusun kegiatan pembelajaran sesuai    sintak-sintak yang terdapat dalam model dan metode pembelajaran, model yang dipilih adalah model PBL dengan berbantuan Penugasan / Resitasi, Webs LMS dan Tutor Teman Sebaya.

Adapun langkah-langkah kegiatan pembelajaran model PBL yang dilakukan adalah :

Orientasi siswa pada masalah, pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran.

Mengorganisasikan siswa untuk belajar. Dengan mengunakan media power point dan video pembelajaran, pendidik membantu peserta didik mendifinisikan dan mengorganisasikan tugas beajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Membimbing pengalaman individual / kelompok, pendidik mendorong peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai, melalui kegiatan diskusi.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, pendidik membantu peserta didikdalam merencanakan serta meyiapkan karya berdasarkan hasil diskusi.

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, pendidik membantu peserta didik melakukan refleksi atau evaluasi dari kegiatan pembelajaran.

Sedangkan langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran yang di lakukan oleh peserta didik adalah sebagi berikut :

Peserta didik bersama tutor teman sebaya di hadapkan dengan masalah literasi dan numerasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Ini di disajikan dalam bentuk teks bacaan, dan video.

Peserta didik  bersama tutor teman sebaya berdiskusi dengan kelompoknya untuk memecahkan masalah yang menjadi penugasan / resitasinya.

Melalui kegiatan diskusi peserta didik bersama tutor teman sebaya mampu menyelesaikan masalah resitasi, literasi dan numerasi.

 

Peserta didik dan tutor teman sebaya membuat kesimpulan dari diskusi, kemudian mempresentasikan kesimpulannya.

           

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model dan metode ini antara lain pemahaman dan kompetensi pendidik akan  model dan metode pembelajaran juga  pemahaman pendidikakan materi  pembelajaran.

Berkaitan dengan pemilihan media pembelajaran

Pendidik dapat menggunakan media konkret yang berupa PPT dan aplikasi yang terkait dengan materi sehingga peserta didik mengenal media yang ada.

Strategi yang dilakukan pendidik dalam  pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran terutama yang berbasis TIK yang sesuai dengan materi pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, media yang dipilih adalah media yang dikuasai pembuatan dan pengoperasiannya oleh pendidik.

Media inovatif yang digunakan adalah power point dan video pembelajaran animasi, media ini sangat menaik ini dibuktikan dengan peserta didik sangat antusias menyimak video pembelajaran animasi.

Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat media pembelajarannya, selanjutnya guru merancang aplikasi apa yang akan dipakai untuk membuat media, menentukan konten materi apa saja yang akan ditampilkan dalam media pembelajaran baru pendidik mulai membuat media pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan pendidik akan aplikasi- aplikasi penunjang pembuatan media pembelajaran,                                        kemampuan, pendidik menggunakan perangkat keras seperti laptop, komputer dan lainnya.

 

Meningkatkan motivasi pesserta didik

Strategi yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan meminimalisir faktor penyebab berubah-ubahnya mood peserta didik dengan mengkondisikan lingkungan diri (emosi, kesehatan dan motivasi orangtua) dan lingkungan sosial (teman dan pendidik di sekolah), merancang pembelajaran yang menarik, efektif dan inovatif sesuai denga karakteristik peserta didik.

Proses untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik pendidik harus menerapkan         model         dan         metode

pembelajaran  yang   tepat   dan   interaktif dengan pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakter materi pembelajaran yang akan disampaikan, dalam proses pembelajaran tetap menjadikan peserta didik sebagai student center dan aktif dalam proses pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan dalam memotivasi peserta didik diantaranya adalah menjalin komunikasi yang aktif antara guru dengan orang tua, meningkatkan kualitas diri tidak hanya pada kemampuan megajar saja tapi meningkatkan pengetahuan tentang psikologis anak, pendidik dapat memaksimalkan media pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efektif dan menarik.

Mempublikasikan video pembelajaran durasi 15 menit pada link sebagai berikut :

  • Link PPL Siklus 1 editing 15menit :

https://youtu.be/k_Dq3VjSrlY

  • Link PPL Siklus 2 editing 15menit :

https://youtu.be/2ik6xYEdVgs

  • Link PPL Siklus 3 editing 15menit :

https://youtu.be/8nNsn6hXYEc

  • Link PPL Siklus 4  editing 15menit :

https://youtu.be/kxRxKQIpAeY

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun