Mohon tunggu...
Dinda Annisa
Dinda Annisa Mohon Tunggu... Freelancer - Penterjemah Lepas

Based in Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

UMEED: Secercah Harapan bagi Perempuan Pedesaan di Jammu dan Kashmir

9 Agustus 2022   19:45 Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:06 76 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Produk-produk dari perusahaan Pammi Devi di Kecamatan Ranjitpur, J&K. | Sumber: jkumeed.in

Oleh Dinda Annisa

Beberapa orang mengatakan kemiskinan adalah kutukan karena kehidupan orang miskin tidak hanya keras, tapi juga sengsara. Apakah Anda berpikir bahwa orang miskin itu malas?

"Orang-orang [...] miskin bukan karena mereka bodoh atau malas. Mereka bekerja sepanjang hari, melakukan tugas-tugas fisik yang kompleks. Mereka miskin karena lembaga keuangan di negaranya tidak membantu mereka untuk memperluas basis ekonomi mereka," kata Muhammad Yunus, peraih Nobel dari Bangladesh.

Orang miskin juga memiliki keinginan yang kuat untuk keluar dari kemiskinan. Tidak banyak program di berbagai negara untuk membantu orang miskin. Mari kita lihat bagaimana wanita pedesaan di Jammu dan Kashmir (J&K), sebuah Wilayah Persatuan, India, mengalami kemajuan dalam bisnis di bawah program pemerintah.

Dalam upaya untuk memberdayakan perempuan di daerah pedesaan, administrasi J&K telah meluncurkan skema Misi Mata Pencaharian Pedesaan Negara Bagian Jammu & Kashmir (JKRLM atau UMEED), proyek unggulan yang didanai oleh pemerintah India. UMEED terdaftar sebagai lembaga di bawah Undang-undang Pencatatan J&K -- 1980.

Menurut situs web jkumeed.in, tujuan utama UMEED adalah menjangkau 66 persen penduduk pedesaan di 125 kelurahan sebelumnya dan menghubungkan mereka dengan peluang mata pencaharian berkelanjutan serta membina mereka hingga mereka keluar dari kemiskinan dan menikmati kualitas hidup yang layak. 

UMEED juga menyediakan akses ke layanan mata pencaharian lain yang memungkinkan mereka untuk menikmati portofolio mata pencaharian yang berkelanjutan. Lembaga tersebut mendorong perempuan untuk mandiri.

UMEED juga mendorong perempuan untuk membuat tabungan kecil sehingga Kelompok Swadaya (SHGs) mereka akhirnya menjadi sukses dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

Menurut harian berbahasa Inggris Greater Kashmir, banyak pengusaha wanita sukses yang bergerak cepat menuju perjalanan kewirausahaan mereka dengan UMEED yang dibantu oleh pelatihan dan pinjaman lunak.

"UMEED memutar roda transformasi bagi wanita J&K untuk menjadi pengusaha progresif dan wiraswasta," lapor Greater Kashmir beberapa waktu lalu.

"Misi Mata Pencaharian Pedesaan bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dengan membangun institusi dengan akar yang kuat bagi masyarakat miskin, melibatkan mereka dalam intervensi mata pencaharian yang menguntungkan dan memastikan peningkatan yang berarti dalam pendapatan mereka secara berkelanjutan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan