Mohon tunggu...
Dinna SafitriNursyifa
Dinna SafitriNursyifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UPI Bandung

Maybe not today, but eventually

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalisasi Media Gambar Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas 9

6 Oktober 2021   23:42 Diperbarui: 6 Oktober 2021   23:57 685
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah hampir menginjak dua tahun pandemi covid-19 melanda belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Pandemi ini berdampak ke segala aspek kehidupan, dari mulai perekonomian hingga pendidikan. Semua kegiatan kini tersekat olehnya, sehingga tergantikan dengan work for home (WFH) maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kampus UPI Bandung kini sedang mengadakan program Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan secara daring dengan tema kuliah kerja nyata tematik literasi dan rekognisi program merdeka kampus mengajar pusat prestasi nasional. 

Program literasi menjadi fokus dalam kegiatan KKN kali ini dengan tujuan untuk pemberdayaan atau mengembangkan budaya literasi di lingkungan, keluarga, masyarakat, dan sekolah dalam rangka pembelajaran sepanjang masa untuk meningkatkan kualitas hidup. Terdapat juga empat program literasi wajib antara lain literasi membaca tulis, literasi numerik, dan literasi sains. 

Sasaran untuk literasi wajib yaitu pada bidang pendidikan. Sedangkan untuk program literasi pilihan yaitu melaksanakan program salah satu literasi dari literasi digital, literasi budaya, dan literasi kewarganegaraan.

Sebanyak 2685 mahasiswa di sebarkan ke berbagai Lembaga Pendidikan dan juga masyarakat di berbagai daerah yang ada di Indonesia untuk terjunkan langsung dalam kegiatan KKN ini. 

Saya Dinna Safitri Nursyifa dari Prodi Pendidikan Seni Rupa yang merupakan salah satu mahasiswa yang sedang terjun langsung  di sekolah MTs Ar-rahmah Bandung. Salah satu program yang saya laksanakan yaitu mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring yang mendukung kegiatan literasi pada siswa.

Di sekolah sayapun mendampingi dua guru yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan guru bimbingan konseling (BK). Setelah berkordinasi dengan guru Bahasa Indonesia terdapat masalah dalam pembelajarannya seperti pembuatan media pembelajaran. 

Media pembelajaran ialah alat bantu untuk proses belajar mengajar yang dapat merangsang pikiran perhatian, motivasi dan minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 MTs materi yang sedang dipelajari adalah menulis cerita pendek. Cerita pendek merupakan karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan cerita fiksi kemudian dikemas secara pendek singkat dan jelas. Cerita pendek memiliki kesamaan dengan karya sastra lainnya seperti novel, drama dan puisi.

Timbul permasalahan Siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran jika metode pembelajaran yang digunakan hanya ceramah dan mengandalkan buku. 

Kurangnya pengetahuan dan pemahaman untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran hal ini menyebabkan hasil keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek masih rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun