Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Apa pun Hobimu, Kembangkanlah!

8 Februari 2021   11:26 Diperbarui: 8 Februari 2021   11:31 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fr.Moel Sinaga,OFM.Cap ( Hobinya merangkai bunga)/dokpri

Setiap dari kita pasti memiliki hobi atau kegemaran untuk melakukan hal tertentu.Dengan menekuni hobi kita bisa menjadi pribadi yang lebih kreatif dan produktif. Hobi bukan saja terkait dengan hal yang menyenangkan tetapi skaligus juga menjadi pelepas penat bagi kita. Saat-saat mengalami situasi sulit cobalah untuk mengerjakan hobi anda. Maka dengan sendirinya situasi sulit atau sesuatu yang rumit itu akan mendapatkan solusinya.

Nah,bagaimana dengan hobi kalian di masa pandemi ini? Ada yang gagal atau semakin berkembang. Tapi saya kurang setuju,jika anda berkata ada hobi yang gagal. Gagal karena dilakukan hanya sekali saja barangkali itu bukan hobi tapi pelarian. Hehehe

Dikatakan menjadi hobi apabila itu dilakukan secara berulang karena mengalami sesuatu yang baik dari hobi itu. Hobi itu kerap menjadi ajang bagi saya atau kita untuk mengekspresikan diri sekaligus bisa menjadi ladang usaha. Yuhuu! Benarkah demikian ? Benar dong ! Saya sudah mengalaminya dan jauh sebelumnya saya sudah pernah tuliskan dalam artikel saya.

Untuk saya sendiri menekuni hobi di masa pandemi ini membawa sesuatu yang berharga bagi saya. Saya menjadi pribadi yang kreatif,rajin,juga menjadi orang yang tekun. Yang tak kalah pentingnya nih,saya mengalami kebahagiaan tersendiri lewat hobi tersebut. Sekalipun hasilnya tidak selalu baik atau seperti yang saya harapkan. Tapi ada banyak kesuksesan yang saya alami dari hobi tersebut. Hobi saya bukan cuma satu tapi ada banyak jenisnya. Hehehe..

Ini nih,hobi yang saya kembangkan selama pendemi : 

1. Berkebun

Sudah hampir setahun saya dan teman-teman melakukannya di komunitas. Jadi pekarangan rumah,bahkan teras rumah produktif selama pandemi. mm,saya sudah pernah tuliskan beberapa kali juga dalam artikel saya sebelumnya. Berkebun menjadi hal yang menyenangkan bagi saya. Mulai dari menanam sayur hingga koleksi tanaman hias. Tanaman itu bukan hanya sekadar tumbuh saja tapi juga butuh perhatian dan perawatan. 

Berkat ketekunan pekarangan dan teras rumah membawa hasil yang baik. Biaya dapur berkurang,karena stok sayur tersedia di kebun. Kemudian sampah dapur tidak terbuang begitu saja melainkan jadi kompos. Koleksi Tanaman hias yang tertata rapi membuat saya betah dirumah. Hehehe

2. Memasak

Saya memang bukan ahli dalam hal memasak. Tapi saya suka membuat variasi makanan. Memasak bukan sekadar asal jadi tapi dari kegiatan yang satu ini mengajarkan saya banyak hal. Misalnya dalam hal memasak saya dilatih soal keseimbangan,ketepatan bahkanmengambil keputusan. Ketika saya memasak terlebih dahulu saya membuat rencana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun