Tinggal menghitung hari kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Kemudian, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada bulan April 2024. Memang terlihat masih cukup lama, kurang lebih sekitar dua bulan lagi.
Meski masih terbilang cukup lama, namun reservasi tiket kereta api untuk mudik lebaran sudah bisa dilakukan, yakni dipesan 45 hari sebelum keberangkatan. Untuk reservasinya sendiri bisa dilakukan secara online, yakni bisa melalui aplikasi Access by KAI.
Namun, ketika mencoba memesan tiket kereta api, luar biasa susahnya. Ada saja kendala yang terjadi, dari mulai error ketika baru masuk aplikasi, estimasi waktu antrian error dan berkala nunggunya, ketika ingin memilih kereta halaman pun blank atau kosong, hingga ketika sedang mengisi data penumpang, baru beberapa detik saja waktu sudah habis dan otomatis keluar.
Tiket kereta api sendiri memang biasa terbit sekitar pukul 00.00 WIB dan dikisaran jam tersebut menjadi puncaknya masyarakat yang ingin mudik untuk berburu tiket.
Sayangnya, permasalahan ini masa sama atau terulang dari tahun-tahun sebelumnya, ketika coba buka aplikasi dan ingin memesan tiket pasti server down, dan ketika sudah bisa diakses, tiketnya sudah ludes terjual semua.
Padahal, berbagai cara sudah dilakukan, sudah stay nunggu, coba refresh berulang kali dan coba install ulang, namun ketika dicoba dari jam 00.00 WIB sampai jam 02.00 WIB, masih sama juga hasilnya, tidak bisa diakses dan akhirnya gagal untuk memesan. Sangat menjengkelkan sekali mungkin pada saat menerima estimasi waktu antrian. Tertera 01 menit saja untuk antri, tapi begitu sudah sampai 01 menit, tiba-tiba antriannya mundur-mundur terus hingga 15 menit, ketika sudah 15 menit masih nihil juga dan berakhir gagal setelah 2 jam berburu tiket.
Keluhan ini mungkin bukan hanya saya yang merasakannya, mengingat banyak masyarakat yang antusias sekali untuk bisa mudik menggunakan kereta api.
Menilik kebelakang sedikit, melansir dari Bisnis.com, pada Januari 2024 hal sama juga dirasakan oleh masyarakat yang menyampaikan keluhannya melalui akun X, dan keluhannya pun sama, error ketika login dan ketika ingin memesan tiket.
Pada Maret 2023, melansir dari Kompas.com, hal yang sama juga persis dirasakan oleh salah satu warganet, dimana ia mengungkap sudah 10 tahun dari 2013-2023 war tiket dan permasalahannya lagi-lagi masih sama, yakni error dan ketika sudah bisa diakses, tiketnya sudah habis terjual.
Semoga kedepannya bisa ada perbaikan dan solusi yang terbaik untuk menangani masalah ini.
Apakah Kompasianer ada yang merasakan juga?