Aliran-aliran dalam filsafat pendidikan dan tokoh pelopornya
A.Ada beberapa aliran berfilsafat dalam pendidikan, yaitu :
1.Aliran Progresivisme
 Pada aliran ini dikatakan bahwa pengetahuan yang benar saat ini belum tentu akan benar dimasa akan datang. Menurut aliran ini, pendidikan harus berpusat pada anak bukan pada gurunya atau pasa bidang muatannya.
Tujuan dari aliran ini pendidikan harus bermanfaat bagi peserta didiknya sebagai alat berinteraksi dengan  lingkungan yang berbeda dalam proses perubahan secara terus menerus.
Aliran ini memiliki dua sifat :
a.Negative (sebagai penolakan ottoritasme dan absolutisme dalam segala bentuk seperti dalam agama, politik, etika dan epistemology).
b.Positif (memberi kepercayaan terhadap kekuatan alamiah dari manusia , yaitu kekuatan alamiah manusia sejak dia lahir).
2.Aliran Esensialisme
Pada aliran ini didasarkan pada kebudayaan manusia dari awal abad peradaban manusia sendiri. Aliran ini mengatakan bahwa pendidikan seharusnya bertumpu pada nilai-nilai yang benar-benar jelas dan tahan lama adanya yang memberikan kestabilanan dan  nilai-nilai terpilih yang mempunyai tata yang  jelas.
Tujuan aliran ini yaitu membentuk pribadi bahagia dunia dan hakikat. Isi pendidikan aliran ini meliputi ilmu pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu menggerakkan kehendak manusia itu sendiri.
3.Aliran Perenialisme