Mohon tunggu...
Dimas Anggoro Saputro
Dimas Anggoro Saputro Mohon Tunggu... Pekerja lepas, terkadang memakai jaket hijau berlogo motor "standing". Suka hal baru!

Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh. Aku adalah orang sebagaimana Anda mengenal saya. Orang bodoh yang tak kunjung pandai.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Tips Road Trip Jogja - Malang bersama Anak

16 Juli 2019   15:15 Diperbarui: 16 Juli 2019   15:19 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tips Road Trip Jogja - Malang bersama Anak
Gerbang Tol Salatiga (dok.PT Trans Marga Jateng)

Kurang piknik bisa berakibat panik. Piknik salah satu senjata ampuh untuk mengusir penat atau pun penyegaran setelah didera aktivitas harian yang padat. Ada yang suka berwisata sendirian, bersama pasangan, teman, sahabat ataupun keluarga. Kalau saya adalah tipikal orang yang suka bepergian sendiri. Namun, sekarang lebih suka bepergian bersama keluarga, terlebih bersama si kecil.

Dulu, tak perlu ambil pusing jika bepergian sendirian. Ingin pergi saat itu juga, ya tinggal cuss! Kemudian mulai ada istri, bepergian tidak bisa lagi langsung cuss. Kenapa? You know-lah seperti apa wanita---hehe. Dan.., muncul lah si krucil. Bepergian jadi 'repot'. Yang bernasib sama, mungkin saat ini sedang mengangguk-angguk setuju. Tak perlu sedih.., kehadiran si krucil bukan berarti mengganggu kita tak bisa bepergian. Kerepotan tersebut hanyalah sebuah fase adaptasi yang harus dilewati oleh semua orang tua. Berikut cerita dan tips saya mengajak si kecil road trip Jogja -- Malang menggunakan kendaraan pribadi.

***

Mengunjungi kota yang terkenal akan kesejukan dan buah apelnya adalah sebuah whishlist keluarga kecil kami. Meskipun, saya pernah berkunjung ke Malang saat masih kanak-kanak. Katanya, Malang sudah banyak berubah. "Malang yang dulu, bukanlah yang sekarang", begitu kata kawan saya. Dulu, ayah mengajak saya road trip ke Malang menggunakan bus. Kali ini, gantian saya yang akan mengajak road trip buah hati saya ke Malang. Bukan menggunakan bus, namun menggunakan kendaraan pribadi.

Road trip bersama si kecil adalah tantangan tersendiri untuk kami. Pemilihan kendaraan pribadi bukanlah tanpa alasan. Alasan utamanya adalah lebih fleksibel. Mau banyak berhenti tidak masalah, mau gas terus pun juga tidak masalah. Namun, konsekuensinya adalah harus banyak spare time, dalam artian tidak diburu waktu.

Perjalanan kurang lebih tiga ratusan kilometer akan kami tempuh dengan waktu kurang lebih 5 jam 25 menit via tol. Jika via jalan Nasional, jaraknya lebih pendek, namun waktunya lebih lama yaitu 8 jam 39 menit. Perjalanan memakan waktu hampir setengah hari, bisa dibayangkan seperti apa nanti kehebohan si kecil dalam perjalanan?

Rute perjalanan Jogja - Malang (google maps)
Rute perjalanan Jogja - Malang (google maps)

Saya memilih rute menuju Malang melalui jalan tol. Lumayan, hanya membutuhkan waktu seperempat hari hingga tiba di penginapan.

Hal yang perlu disiapkan untuk road trip adalah kenyamanan dalam perjalanan. Jangan sampai yang tadinya ingin liburan penuh kegembiraan menjadi tidak asik karena bad mood ataupun hal-hal negatif lain yang tidak diinginkan dan merusak rencana liburan. Berikut tips road trip saya:

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam keadaan baik

Mengingat perjalanan ditempuh dengan kendaraan pribadi, memastikan keadaan kendaraan dalam keadaan baik adalah hal utama. Servis kendaraan di bengkel terpercaya ataupun bengkel langganan kita. Hal tersebut dapat dilakukan jika tidak mau 'ribet'. Pengecekan kondisi kendaraan juga bisa kita lakukan secara mandiri.

2. Membuat Itinerary

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x