Mohon tunggu...
Dimas
Dimas Mohon Tunggu... Editor - Profil Singkat

-

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Manakah Capres Paling Populer di Pencarian Web Versi Data Google Trends?

16 Januari 2024   14:39 Diperbarui: 16 Januari 2024   15:55 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Debat ketiga calon presiden tanggal 7 Januari 2024 terbilang cukup menarik. Walaupun menarik, pro kontra pasca debat tetaplah ada. Disisi lain para calon kontestan berlomba-lomba menyusun strategi untuk mengalahkan lawannya di debat. 

Berbagai cara dilakukan untuk dapat mengalahkan lawannya, sehingga menimbulkan pro kontra di antara para pendukung paslon. Beberapa orang berpandangan debat ketiga ini minim substansi, lebih banyak menyerang personal lawannya. 

Ada juga yang berpandangan debat ketiga ini sudah sesuai substansi dan tidak ada yang menyerang personal. Beberapa yang pro terhadap debat ini membandingkan apa yang terjadi di debat pemilu Amerika. 

Di debat pemilu Amerika antar paslon saling menyerang personal dan perseteruan hanya terjadi di panggung debat, tidak sampai dibawa keluar area debat.

Pro kontra inilah yang menjadikan "gap" antar pendukung paslon satu dan tiga dengan pendukung paslon dua. "Gap" antar pendukung paslon yang saat ini terjadi, dan efek dari "gap" ini adalah muncul komentar-komentar ancaman dari pendukung ke salah satu paslon pasca debat selesai. Konflik yang menjadikan demokrasi kita tidak sehat. 

Di sisi lain wawasan, edukasi tentang politik ke masyarakat masih kurang, banyak masyarakat yang belum "melek" politik, bahkan ada beberapa masyarakat yang memilih pemimpin atas dasar ikut-ikutan, memilih atas dasar fanatisme, dan memilih atas dasar pencarian di media sosial, dan berbagai macam karakteristik pemilih.

Berbicara mengenai pencarian, yuk kita lihat data pencarian web atas ketiga paslon pasca debat selesai sampai tulisan ini dibuat (7 Januari 2024 s/d 15 Januari 2024).

Disclaimer : PENULIS TIDAK MEMIHAK KE SALAH SATU PASLON, TULISAN INI MURNI HASIL ANALISA DATA GOOGLE TRENDS. PENULIS AKAN MELAKUKAN ANALISA JUGA UNTUK KATEGORI PENCARIAN LAIN DI GOOGLE TRENDS DAN TIDAK TERBATAS CAPRES SAJA, TETAPI JUGA CAWAPRES.

Debat capres ketiga tanggal 7 Januari 2024 s/d tanggal 15 Januari 2024 sudah berlangsung selama sembilan hari. Selama sembilan hari, manakah capres yang populer di pencarian web versi data google trends. Yuk simak hasil datanya.

Hasil Analisa data :

Hasil analisa data google trends menunjukkan pasangan nomor urut satu Anies Baswedan menempati urutan pertama sebagai palson yang banyak dicari di pencarian web. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun