Mohon tunggu...
Diki Umbara
Diki Umbara Mohon Tunggu... Menulis dan Merayakan

Trainer/Blogger/Lecturer

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Pastel Crispy Cipanas, Lezatnya Melebihi pastel Karipap Malaysia?

18 Januari 2021   13:56 Diperbarui: 18 Januari 2021   14:31 217 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pastel Crispy Cipanas, Lezatnya Melebihi pastel Karipap Malaysia?
pastel crispy - dok Pribadi

Ide bisa datang dari mana saja, dari apa yang kita lihat, kita dengar, kita baca, atau dari apa yang kita bayangkan. Ratih Kumala, wanita yang tinggal di Cianjur ini membuat inovasi membuat pastel crispy. Pastel ini merupakan hasil modifikasi dari pastel karipap asal negeri jiran Malaysia yang jauh lebih lama dikenal masyarakat. Pastel karipap biasanya berisi ayam dan kentang bumbu kari. Namun bagaimana kalau isiannya diubah? Itulah yang dilakukan Ratih.

"Kulitnya sama dengan pastel keong atau karipap Malaysia. Jadi pakai adonan kulit pastry yang bikin crispy, tapi kalau isinya dibuat variatif. Ada yang gurih isinya baso, ayam, sosis dengan sayuran wortel dan kentang. Kalau yang manis variannya ada isi durian, nangka, pisan dan apel" kata Ratih Kumala membeberkan inovasi pastelnya.

Erinda salah satu produser televisi memberikan kesaksian bahwa pastel crispy produk Oval Pastry ini lain dari pastel yang biasanya ia temui. Mulanya ia kaget bahwa ada rasa manis di dalam pastel yang kini ia cicipi. Rupanya Erin memang mencicipi pastel isi buah, salah satu varian rasa pastel bikinan ratih ini. "Dibuat banyak toping supaya ada rasa sensasi berbeda dari pastel biasa, supaya naik kelas. Jadi jajanannya berkelas denga harga yang terjangkau" demikian Ratih memberi alasan.

Tanpa sungkan lulusan Akuntansi Universitas YAI ini memberikan cara pengolahan pastel cripy kreasinya ini:

  1. Kulit pastel terdiri dari adonan tepung yaitu siapkan baskom. Terigu dan air lalu diuleni sampai kalis. 
  2. Di wadah lain bikin adonan mentega yang terdiri dari mentega putih, margarin dan mentega blue band dicampur jadi satu uleni. 
  3. Setelah itu timbang adonan terigu menjadi ukuran kecil dan timbang juga adonan mentega jadi ukuran kecil. 
  4. Gabungkan kedua adonan jadi satu giling tipis lalu gulung dan giling tipis lagi sampai beberapa kali lalu gulung lagi dan bagi menjadi beberapa potongan kecil. 
  5. Potongan ini giling lagi  untuk kemudian di isi dengan aneka isian. Utk isinya yang gurih siapkan wortel dan kentang lalu potong-ptong kotak lalu tumis dengan bawang merah, bawang purih dan bumbu spesial dari oval Pastry untuk lauknya diisi varian pilihan ada suir-suir ayam, baso dan sosis.

Menurut Ratih, Oval Pastry ini selalu menggunakan bahan berkualitas dan tanpa bahan pengawet. Jika disimpan di kulkas atau freezer pastel ini bisa tahan hingga tiga minggu, sedangkan setelah  digoreng  pastel ini bisa tahan hingga dua hari.  Nah untuk isian manis seperti pisang, durian Ratih pun menggunakan buah asli. Buah-buahan tersebut dipotong kecil-kecil lalu dipanaskan dengan mentega ditambah gula, susu, serta bumbu khusus buatan Oval Pastry.

Ibu satu orang anak ini memberikan tips bagaimana menghidangkan pastelnya ini. Gorenglah pastel dengan api sedang, tingkat kematangan bisa disesuaikan dengan selera. Ia yakin bahkan setengah garing sekalipun pastelnya akan tetap crispy. Lalu sajikan dengan cocolan saos sambal. Pastel Crispy akan benar-benar terasa nikmat.

Awalnya pastel cripy buatan Ratih ini dikenal dari  mulut ke mulut di daerahnya Cipanas. Kini ia menjualnya di beberapa gerai. Dan ia saat ini pastel cripy produksi Oval Pastry bisa juga dipesan online yang tentu saja mesti pre-order. Kelak jika ada karyawan, Oval Pastry akan membuat stok yang lebih banyak. Butuh keuletan dalam produksi pastel ini karena ratih membuatnya secara handmade alias manual menggunakan tangan bukan alat canggih pembuat kue.

Ratih dan Herman Suherman Bupati Cianjur - dok Pribadi
Ratih dan Herman Suherman Bupati Cianjur - dok Pribadi
Usaha Oval Pastry ia rintisbeberapa tahun silam. Ratih Kumala juga kini bisa berjejaring dengan kawan-kawan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lainnya terutama sejak mengikuti program mahasiswa Prasetya Mulya University yang saat itu berkegiatan di Cipanas. Ratih mengaku sejak saat itu usahanya makin berkembang sebab ia jadi lebih tahu pemasaran serta pernah pula mendapatkan modal. Kini hampir semua produk Oval Pastry sudah memiliki izin P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) sehingga Ratih pun lebih percaya diri dengan produk-produknya ini. Dan wanita kelahiran 22 Mei ini berharap pada tahun ini usahanya lebih maju, produk Oval Pastry makin dikenal dan digemari banyak orang.

Lalu benarkah Pastel Crispy produksi Oval Pastry ini lebih enak ketimbang pastel Karipap asal Malaysia? Saran saya pembaca mesti ikut mencobanya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x