Kandidat

Bertemu Anton Charliyan, Dewan Koperasi Cianjur, Pasangan Hasanah Peduli Pengembangan UMKM

9 Juni 2018   16:38 Diperbarui: 9 Juni 2018   17:22 169 0 0
Bertemu Anton Charliyan, Dewan Koperasi Cianjur, Pasangan Hasanah Peduli Pengembangan UMKM
Foto: Yem

Perekonomian suatu daerah bisa berkembang tidak terlepas dari para penggerak  usaha kecil dan menengan di masayarakat, seperti kuliner, otomomotif, agrobisnis, kerajinan tangan, fashion dan lain-lain. 

Dinas UMKM sebagai wadah untuk menjalankan perekonomian tersebut juga kini mulai bisa mengakomodir berbagai bidang-bidang usaha masyarakat dengan memberi pelatihan atau memberi edukasi kepada pelaku usaha guna mengembangkan usahanya tersebut.

Melihat kontribusi yang besar terhafsp laju perekonomian, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tumpuan perekonomian sebuah daerah, harus mendapatkan dukungan secara penuh. 

Karena tanpa adanya usaha kecil, roda perekonomian akan menjadi terhambat dan memberikan dampak pada usaha skala besar. Selain itu, UMKM juga bisa menciptakan ketersediaan lapangan kerja serta dapat menjaga kondisi ekonomi di Jawa Barat.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat nomor urut 2, Anton Charliyan menegaskan  betkomitmen untuk menggenjot eksistensi UMKM di Jawa Barat melalui dengan Program BogaGawe.

Hal itu disampaikan oleh pria yang akrab disapa Kang Anton saat mengunjungi kantor Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cianjur, di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu(9/6).

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu menyampaikan, program BogaGawe adalah salah satu bentuk perhatian yang akan diberikan kepada UMKM di Kabupaten Cianjur maupun Jawa Barat. Karena terdapat pelatihan-pelatihan usah kecil, dan penyediaan modal usaha.

"Melalui BogaGawe, saya ingin membangun potensi ekonomi baru melalui investasi dibidang perdagangan, jasa dan pariwisata," tuturnya.

Selain itu, Purnawirawan Jendral Polisi Bintang Dua itu mengaku, akan mempermudah izin usaha pelaku UMKM, dan penyediaan  tempat khusus untuk berjualan produk produk UMKM, sehingga bisa memasarkan daganganya dengan nyaman, tanpa ada gangguan.

"Saya sangat mendukung penuh pengembangan UMKM, karena untuk mempertahankan kestabilan perekonomian di Jawa Barat," terangnya.

Sementara itu, Ketua Dekapindo Kabupaten Cianjur, Gugus Uswaya mengaku, senang dengan adanya kedatangan Kang Anton ke kantor Dekapindo Kabupaten Cianjur, karena bisa mendengar langsung program-program yang dimilikinya. Menurutnya, Kang Anton dengan program sangat serius untuk mengembangkan UMKM di Kabupaten Cianjur, dengan memberikan pelatihan pemasaran.

"Maka dari itu, tidak ada alasan Dekapindo Kabupaten Cianjur untuk tidak mendukung Kang Anton. Karena kami menginginkan pemimpin yang peduli dengan pengembangan UMKM," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dekapindo Kabupaten Cianjur memiliki 1300 UMKM binaan yang telah berjalan.

Juga berlaku untuk daerah lain di Jawa Barat, bahwa perhatian perhatian terhadap usaha usaha kecil menengah ini harus terus didorong dan juga diberikan ruang gerak yang lebih luas. 

Pasangan Hasanah, justru melihat itu, sangat mementingkan para pelaku usaha UMKM ini.  Juga di dalam progtam Hasanah terdapa program BogaGawe yang akan memfasilitasi masyarakat untuk memiliki pekerjaan dan juga bisa mengembangkan perekonomian secara mandiri.