Kepercayaan itu penting. Dan anda tentu tahu kalau kepercayaan itu harus dibangun. Dan kalau anda sudah dipercaya, bisa dibilang segala urusan jadi lebih mudah.
Pertanyaannya, bagaimana cara supaya orang mempercayai anda? Bagaimana anda bisa mendapatkan kepercayaan orang dalam waktu relatif singkat?
Saya akan mengajak anda berandai-andai sedikit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Anggap anda adalah seorang tenaga penjualan yang menjual produk untuk mencari nafkah. Sederhananya, kalau orang percaya anda, mereka akan lebih mungkin untuk membeli produk yang anda jual.
Gampangnya, yang anda lakukan sebenarnya adalah membuat orang percaya anda untuk mau membeli produk anda. Betul ya?
Apa pun yang anda jual, yang namanya penjualan adalah tentang mendekati orang asing, yang ngga anda kenal, dan ngga lama setelah anda bertemu mereka, anda "meminta" uang mereka untuk membayar produk yang anda jual.
Kalau boleh dikatakan, ini mungkin ujian terberat untuk melihat seberapa jauh orang mempercayai anda.
Keterampilan penjualan adalah keterampilan membuat orang percaya.
Bayangkan situasi berikut ini.
Anda menghubungi calon klien potensial. Katakanlah seseorang yang punya jabatan tinggi di sebuah perusahaan di mana anda ingin menjual produk anda ke perusahaannya.
Anda awali dengan berbasa-basi seperti yang biasa anda lakukan di awal pertemuan. Kemudian calon klien anda mulai berbicara sedikit tentang perusahaannya. Dan kalau dia merasa ngga yakin apa yang anda tawarkan adalah sesuatu yang unik untuk mereka. Dia ngga yakin kalau dia membutuhkan produk anda. Tapi dia bersedia memberi anda beberapa menit untuk berbincang.