Mohon tunggu...
Dias Ashari
Dias Ashari Mohon Tunggu... Penulis - Wanita yang bermimpi GILA, itu akuuu..

Mantan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tak ada Rotan, Akar pun Jadi

23 Oktober 2020   17:35 Diperbarui: 23 Oktober 2020   17:41 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : abbeart.blospot.co.id

Semenjak bergabung dengan Kompasiana kegiatan menulis menjadi sebuah kebutuhan untukku. Layaknya seperti makan yang jika terlewatkan terasa ada yang kurang. Juga layaknya hutang yang jika belum dibayar maka akan meresahkan jiwa dan pikiran.

Benar, kegiatan menulis kini menjadi hutang bagiku yang harus ku bayar dan tunaikan setiap hari agar lunas. Aku sudah bertekad dalam diri untuk membuat 2 tulisan dalam sehari dan menyetorkannya kepada kompasiana. Pernah aku ingkar satu hari hanya membuat 1 tulisan maka keesokan harinya aku harus melunasi dengan 3 tulisan baru. Intinya bergabung dengan kompasiana membawa perubahan positif dalam diriku. Terimakasih kompasiana.

Untuk mencapai kosistensi memang sulit dan selalu ada gangguan. Namun aku selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik. Misal aku pernah kebingunan untuk menulis karena kehabisan ide. Seharian aku memikirkan ingin menulis apa namun tak juga kunjung bisa ku tulis. Aku mencoba membaca artikel orang lain, membaca buku, menonton youtube tetap saja hasilnya nihil.

Hingga keesokan harinya aku memutuskan untuk bertemu dengan seorang teman untuk meminjam sebuah buku politik. Perjalanan menuju kampus yang lumayan jauh aku tempuh dengan berjalan kaki. Tanpa disangka apa yang aku lihat, dengar dan rasakan hari itu bisa menjadi sebuah ide cerita. Bahkan yang paling mengejutkan tulisan itu bisa menjadi artikel pilihan kompasiana. Sebagai pangkat junior tentu itu menjadi kebahagian tersendiri, hehehe.

Selain itu kuota pun pernah menjadi kendala aku untuk mengirim tulisan. Pernah suatu hari ponsel jadulku tidak ada jaringan internet, ponsel I phone ku masuk ke dalam air, sialnya lagi wifi yang biasa aku akses di tempat kerja tidak bisa menolongku karena hari itu aku libur bekerja. Konyolnya lagi aku sudah tak punya uang sepeser pun. Aku terdiam dan berpikir sejenak, hingga munculah sebuah ide untuk menggunakan wifi kampus.

Dengan semangat aku bergegas menuju kampus dengan berjalan kaki. Menerjang panasnya mentari siang itu, membiarkan keringat membanjiri tubuhku hingga kurelakan kakiku terluka karena di paksa berjalan jauh. Menahan hausnya dahaga karena persediaan air galon di kosan sudah habis. Tapi tidak apa, yang terpenting aku bisa melunasi hutangku untuk menulis dan jiwa ku bisa bebas.

Mengutip sedikit lirik lagu dari grup band Tulus yang berjudul Manusia Kuat seperti ini :

"Kau bisa patahkan kakiku tapi tidak mimpi-mimpiku. Kau bisa lumpuhkan tanganku tapi tidak mimpi-mimpiku. Kau bisa merebut senyumku tapi sungguh tak akan lama. Kau bisa merobek hatiku tapi aku tau obatnya. Kau bisa hitamkan putihku, kau takan gelapkan apapun. Kau bisa runtuhkan jalanku kan kutemukan jalan yang lain."

Kurang lebih lirik lagu tersebut yang selalu memotivasi aku untuk selalu membuat tulisan, terlepas dari apapun yang mencoba menghalanginya. Tak ada rotan, akar pun jadi. Tak ada kuota, wifi pun jadi. hehehehe

Semangat berkarya untuk Indonesia!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun